Home / Banten Raya / Ini Pesan Bupati Serang kepada Penerima Bantuan Perbaikan RTLH

Ini Pesan Bupati Serang kepada Penerima Bantuan Perbaikan RTLH

SERANG (FN) – Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah meresmikan bedah rumah kampung Baznas tahun 2019 di Kecamatan Ciomas. Peresmian merupakan rangkaian dalam rangka Milad ke-19 tahun Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Serang 2019.

Usai menghadiri bakti sosial yakni khitanan massal, santunan fakir miskin bantuan penanggulangan balita kurang gizi, paket sekolah di halaman kantor Kecamatan Ciomas pada Kamis, (17/10/2019). Tatu didampingi Ketua Baznas Kabupaten Serang, Wardi Muslich, langsung menuju lokasi peresmian.

Lokasi peresmian di kampung di atas gunung tersebut berjarak sekitar lebih dari 5 kilo meter dari kantor Kecamatan Ciomas . Sekitar pukul 12.00 WIB, Tatu yang mengenakan baju batik dipadu celana coklat tiba di lokasi peresmian tepatnya di Kampung Cibarunay Girang RT 06/RW 03, Desa Ujung Tebu disambut puluhan warga yang didominasi kaum ibu. Tatu pun tak meninggalkan kebiasaannya menyalami satu persatu warga dan berswafoto.

Usai meresmikan Rumah Layak Huni (RLH) pemilik seorang janda, Arsah (50 tahun) mempersilahkan Tatu masuk kedalam rumah. Pemilik rumah mempersilahkan agar Bupati Tatu tidak melepas sepatu, namun Tatu lebih memilih melepas sepatu. Setelah itu Tatu keluar dari rumah tersebut.

Kemudian, Tatu melanjutkan untuk melihat dua unit rumah yang mendapatkan bantuan dari Baznas. Tatu pun berkomunikasi dengan pemilik rumah agar bersyukur atas pemberian Allah SWT. Tatu juga mengingatkan, setelah rumah menjadi layak dihuni agar bisa lebih meningkatkan ibadah sholat kepada semua pemilik rumah yang mendapatkan bantuan tersebut. “ Sholatnya yang rajin rumah sudah bagus, Harus bersyukur ini mah rezeki dari Allah Swt,”ucap Tatu dengan bahasa sunda sambil memeluk Arsah.

Ketua Baznas Kabupaten Serang, Wardi Muslich menuturkan, peresmian bedah rumah kampung Baznas tahun 2019 dilaksanakan di Kecamatan Ciomas sebanyak 20 rumah di Desa Ujung Tebu dan 20 rumah di Kecamatan Petir di Desa Seuat. Pelaksanaan tersebut bekerjasama Kepala Desa dengan Baznas.

Menurut Wardi, Kecamatan Ciomas terpilih sebagai tempat dilaksanakannya bakti sosial dalam rangka Milad Baznas Kabupaten Serang karena Peresmian dan pembangunan kampung Baznas dilaksanakan di Kecamatan Ciomas. “Selain kegiatan baksos juga bantuan 2 Madrasah di Ciomas dan Padarincang masing-masing Rp5 juta,” tuturnya.

Diketahui, selain 40 rumah di Kecamatan Petir dan Ciomas bantuan bedah rumah juga diberikan untuk 27 kecamatan masing-masing 1 unit rumah dengan anggaran Rp15 juta per unit. Dan 9 unit di beberapa Kecamatan. Sehingga, jumlah yang dibantu sebanyak 76 unit RTLH d total bantuan Rp405 juta.

Sementara itu, untuk 20 rumah di Kecamatan Ciomas dan Petir diberikan bantuan Rp20 juta per unit dengan total Rp 80 juta dan 9 bantuan RTLH dengan nilai Rp15 juta per unit juta. “ Total bantuan untuk kampung Baznas mencapai Rp 134 juta,”papar Wardi.(Kominfo/Red)

Check Also

Ditsamapta Polda Banten Terus lakukan Patroli Dialogis Pada Masyarakat

SERANG (FN) – Direktorat Samapta Polda Banten Rutin melakukan patroli dan sambang Kamtibmas untuk menciptakan …