Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang dan PT Indonesia Power Jalin Kerjasama Lindungi Keanekaragaman Hayati

 

Tangerang, fixsnews.co.id – Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang menjalin kerjasama dengan PT Indonesia Power PLTU Banten 3 Lontar. Kerjasama dengan perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan tenaga listrik ini, akan mendukung program Dinas Perikanan terkait menjaga sumberdaya perikanan dan menjaga keanekaragaman Hayati, sehingga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang, Jainudin memaparkan, perjanjian kerjasama dengan PT Indonesia Power PLTU Banten 3 Lontar, memiliki tujuan bagaimana meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar ditengah-tengah pandemi Covid-19.

Lebih lanjut Jainudin menjelaskan, dalam perjanjian tersebut bagaimana memberdayakan budidaya ikan dan udang terhadap para petambak yang terdapat di sekitar PT Indonesia Power PLTU Banten 3 Lontar.

Selain itu, pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang bergerak di bidang Perikanan. Bahkan yang tidak kalah penting membantu modal dan pemasaran pelaku UMKM. Jangan sampai pelaku UMKM mampu memproduksi, namun tidak mampu memasarkannya.

“Kita akan bantu para petani tambak ikan maupun udang yang terdapat di sekitar PT Indonesia Power PLTU Banten 3 Lontar. Dengan harapan, penghasilan para petani tersebut dapat maksimal. Tentunya Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang akan menerjunkan tenaga ahli,” ucap Jainudin, disela-sela kegiatan penandatanganan perjanjian kerjasama, di Kantor Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang, Lantai 2, Gedung Usaha Daerah (GUD) Kabupaten Tangerang, di Tigaraksa, kemarin

Selain pemberdayaan terhadap petani tambak ikan. Perjanjian tersebut juga membahas menjaga keanekaragaman hayati. Di sini, pengembangan konservasi hutan mangrove akan dilakukan di sekitar PT Indonesia Power.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari menanam mangrove. Selain dapat mencegah meluasnya dampak abrasi pesisir pantai, hutan mangrove juga merupakan tempat tinggal yang cocok bagi banyak hewan, seperti ikan, udang, kepiting dan mimi juga banyak tinggal di daerah ini. Berbagai jenis hewan darat berlindung atau singgah bertengger dan mencari makan di habitat mangrove.

Sementara itu, General Manager PT Indonesia Power PLTU Banten 3 Lontar, Rita Triani memaparkan, kerjasama yang dilakukan sebagai bentuk komitmen perusahaan terhadap program pemerintah daerah, melalui Dinas Perikanan dalam rangka peningkatan sumber daya perikanan dan menjaga keanekaragaman hayati yang terdapat di aera perusahaan.

Kata Rita, PT Indonesia Power yang berada di wilayah pesisir Lontar, Kecamatan Kemiri ini, memiliki komitmen tinggi untuk menjaga sumberdaya perikanan serta peduli terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar.

“Saya berharap, dengan adanya kerjasama ini maka akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar PLTU, terutama dalam pengelolaan dan pengolahan ikan,” ungkap Rita, yang didampingi Dana Wisastra, General Administrasi PT Indonesia Power PLTU Banten 3 Lontar.(IKP/03)