Tanjung Enim, fixsnews.co.id – PT Bukit Asam Tbk (PTBA) termasuk BUMN yang aktif dalam memerangi wabah pandemi Covid-19. Terbukti, hingga Juli 2020, PTBA tercatat telah mengucurkan bantuan sebanyak Rp 14,59 miliar, yang terdiri dari; bantuan alat Kesehatan, bantuan langsung ke masyarakat maupun komunitas, sarana dan prasarana untuk mendukung protokol Kesehatan, sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19, dan lainnya.

Bantuan ke masyarakat diberikan, tidak hanya untuk warga sekitar area pertambangan PTBA yang berada di Kabupaten Muara Enim, Kota Lahat, dan Prabumulih. Namun juga untuk warga yang berada di provinsi lainnya di Sumatera melalui Penugasan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Bina Lingkungan Insidentil.

PTBA juga telah menyerahkan bantuan sebanyak Rp 1,3 miliar lewat Yayasan BUMN Hadir untuk Negeri yang diperuntukkan khusus bagi penanganan dan pencegahan wabah Covid-19.

Sesuai instruksi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), alokasi Tunjangan Hari Raya (THR) seluruh direksi dan komisaris PT Bukit Asam Tbk beserta anak usaha juga dialihkan untuk pemberian bantuan menanggulangi Covid-19.


Secara aktif sampai saat ini, PTBA tak kendur memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk mencegah penyebaran covid-19. Mulai dari membiasakan cuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, etika saat batuk, dan lainnya.

Upaya sosialisasi ini juga disertai dengan pembagian masker yang hingga Juli 2020 mencapai 293.696 masker yang sesuai standar Kementerian Kesehatan. Masker dibuat oleh para pelaku usaha lokal, sebagai upaya pemberdayaan ekonomi lingkungan sekitar perusahaan.

Perusahaan juga membagi 1.258 hand sanitizer untuk masyarakat Tanjung Enim. Seluruh kegiatan ini dilakukan bersama-sama oleh PTBA dengan Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) dan Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Muara Enim.

Selain pembagian peralatan perlindungan diri (APD), PTBA juga mengucurkan bantuan berupa 107.720 paket sembako dan 26 ton beras untuk masyarakat berpenghasilan rendah yang terdampak covid-19.

Penyemprotan disinfektan juga rutin dilakukan di wilayah Ring 1 Perusahaan.
PTBA memastikan operasional tambang sampai saat ini masih berjalan dengan disiplin mengikuti protokol Kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Perusahaan juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada petugas kesehatan, paramedis yang telah berjuang dalam hal penyembuhan yang terpapar dan mengupayakan pemutusan mata rantai penyebaran virus covid-19.(mpcom)

(Merenimpost)