Kiprah Dokter Dani Ferdian, Pelopor Relawan Kesehatan Kian Memberi Inspirasi Anak-Anak Muda

Jakarta, Fixsnews.co.id- Ternyata semangat dokter Dani Ferdian, penerima apresiasi SATU Indonesia Awards tahun 2015 tidak berhenti begitu saja, bahkan volume aktivitasnya meluas ke berbagai provinsi di Indonesia sehingga pilihan Astra sebagai Pemuda Pelopor Relawan Kesehatan tidak salah. Bahkan hingga sekarang, ia tetap berada di garda terdepan untuk memberikan pemberdayaan dan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat Indonesia tanpa mengharapkan imbalan.

Dani Ferdian, sosok dokter muda inspiratif penerima apresiasi SATU Indonesia Awards tahun 2015 ini awalnya merasa prihatin akan banyaknya permasalahan kesehatan yang ditemui di Indonesia, termasuk di lingkungan terdekat dengan tempatnya menimba ilmu di desa-desa sekitar kampusnya di Jatinangor, Sumedang. Melihat fenomena tersebut, ditambah dengan pengalaman turun langsung ke masyarakat selama pendidikan yang cukup minim terakomodir jika hanya mengandalkan kampus, dengan tekad kuat untuk membantu sesama, ia mendirikan Volunteer Doctors (Vol-D) di tahun kedua kuliahnya sebagai sekolah nurani bagi tenaga kesehatan. Tujuannya tidak hanya membantu masyarakat sekitar kampus maupun di Indonesia, tetapi juga membentuk karakter tenaga kesehatan yang diharapkan akan memegang posisi strategis dalam 10-20 tahun mendatang untuk membawa perubahan nyata.

Saat ini, selain di Jawa Barat, anggota Volunteer Doctors sudah tersebar juga di Jakarta, Yogyakarta, Sulawesi Selatan, Bali dll. Sejak didirikan pada 2009, kini Vol-D telah menjalin kemitraan dengan ratusan organisasi dan lembaga, ribuan anak muda yang peduli dengan isu kesehatan, dokter dan tenaga kesehatan telah bergabung dalam beragam kegiatan yang diselenggarakan oleh Volunteer Doctors. Dengan semakin banyaknya pihak yang terlibat dalam gerakan sosial ini, dokter Dani optimis bahwa visi Indonesia sehat di masa depan akan tercapai.

Kiprah Bersama Astra Financial
Kiprah pengabdian dokter Dani Ferdian dirasakan oleh Astra Financial. Hal ini bermula pada rencana Program Integrasi Layanan Primer (ILP) di Puskesmas Pembantu (Pustu) Pakuluran, Kecamatan Koroncong, Pandeglang, Banten pada bulan Juni 2024 lalu.

Dengan segudang prestasi dan pengalaman disertai dengan hati yang tulus dalam membantu masyarakat, Astra Financial berkolaborasi bersama dokter Dani dalam menjalankan program ILP pertama di Kabupaten Pandeglang ini untuk meningkatkan fasilitas dan layanan kesehatan kepada lebih dari 2.500 masyarakat.

Selama satu tahun, dokter Dani bersama timnya secara rutin melakukan pelatihan dan pendampingan kepada 2 orang Kader Puskesmas dan 24 Kader Posyandu untuk meningkatkan kompetensi Kader Pelayanan Kesehatan dalam menjalankan program ILP. Pelatihan ini terdiri atas ‘Pelatihan Intervensi Gizi’ dan ‘Pelatihan 25 Kompetensi Dasar Kader Kesehatan.’ Tidak hanya itu, selama masa revitalisasi Pustu, ia dan timnya secara aktif memberikan pelayanan kesehatan langsung yang mumpuni bagi lebih dari 2.500 masyarakat desa Pakuluran yang membutuhkan.

“Saya senang sekali, kami bersama Astra Financial dapat memberikan dampak nyata bagi ribuan masyarakat desa Pakuluran. Inilah tujuan program kami yang sesungguhnya. Harapannya, dengan program ILP ini, kualitas hidup masyarakat dapat meningkat dan berkembang ke arah yang lebih baik lagi,” ucap dokter Dani Ferdian, sang Pelopor Relawan Kesehatan.

Di Desa Pakuluran, program ILP yang dilakukan oleh dokter Dani dan Astra Financial bukan hanya sekedar aksi, melainkan wujud nyata kepedulian terhadap kesehatan masyarakat. Renovasi Pustu Pakuluran menjadi awal perubahan, disertai integrasi pelayanan dengan lima Posyandu di sekitarnya. Tak hanya memperbaiki fasilitas, bantuan alat kesehatan seperti alat pengukur anthropometri (status gizi), alat pemeriksaan tanda-tanda vital, alat pemeriksaan darah sederhana, juga bantuan meubelair seperti kasur, meja dan kursi untuk pemeriksaan kesehatan dan lemari obat turut diberikan, menjadikan pelayanan kesehatan lebih layak dan mendukung.

Yang paling menyentuh adalah upaya bersama mengatasi stunting pada 12 balita. Mulai dari pemetaan masalah gizi hingga pemberian makanan tambahan dan suplemen, langkah-langkah ini menjadi harapan bagi anak-anak desa Pakuluran untuk tumbuh lebih sehat. Penanaman kebun tanaman obat di sekitar Pustu menjadi bonus bagi masyarakat, menyediakan herbal seperti temulawak, kencur, bunga telang dan kemangi yang siap digunakan sebagai obat alami.

Sejak 2022 lalu, dr. Dani Ferdian dan tim berkolaborasi bersama Asuransi Astra untuk mengambil langkah berarti dalam upaya melawan stunting di Indonesia dengan menyelenggarakan program Intervensi Gizi dan Penurunan Stunting di 3 area, meliputi Desa Tanjung Ibus, Langkat Sumatera Utara; Paud Hati Nurani, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur hingga di Kelurahan Lebak Bulus.

Ketiga program yang berjalan selama enam bulan hingga satu tahun ini mencakup penyuluhan kesehatan bagi para kader posyandu, pemeriksaan kesehatan balita, intervensi gizi untuk pengentasan stunting, pemeriksaan wanita usia subur (WUS) hingga revitalisasi Posyandu. Lebih dari sekadar program, inisiatif ini mencerminkan komitmen Asuransi Astra dalam mendukung target pemerintah untuk menurunkan prevalensi stunting menjadi 14% pada tahun 2024.

Asuransi Astra terus menunjukkan dedikasinya sebagai mitra yang peduli dalam penurunan angka stunting. Dengan memperkuat peran kader posyandu, pahlawan di garis depan yang memastikan kesehatan ibu, balita dan anak untuk menciptakan masa depan yang lebih sehat bagi generasi mendatang.

Kedua inisiatif ini bukan hanya program CSR dari Astra Financial, tapi juga langkah penuh makna dalam menegakkan pilar Kesehatan dari Aspirasi Keberlanjutan Astra 2030. Bersama dokter Dani, Astra Financial membuktikan bahwa dengan kolaborasi dan komitmen, perubahan yang lebih baik bagi masa depan masyarakat bisa terwujud.

Komitmen Astra Financial dilakukan dalam setiap langkah kecil yang diambil untuk masyarakat. Astra Financial senantiasa menegakkan 3 pilar lainnya, seperti dalam pilar Pendidikan yang dilakukan dengan Literasi Keuangan Digital bersama OJK. Program ini bukan hanya sekedar acara, namun juga jembatan bagi lebih dari 1.000 peserta dari seluruh penjuru negeri untuk memahami dunia keuangan digital yang kian berkembang, membekali mereka dengan pengetahuan agar tak tertinggal di era yang serba cepat ini Eksekutif dan pegawai Astra, komunitas, hingga media yang terlibat, semuanya belajar bersama, membekali diri untuk lebih siap menghadapi tantangan zaman.

Di sisi lain, saat Astra Financial melakukan penegakkan pilar Lingkungan dengan menanam pohon di Hulu Sungai Ciliwung, membersihkan Pantai Marunda, atau menghijaukan Pontianak dengan mangrove, ada pesan yang ingin disampaikan: bahwa lingkungan kita adalah warisan untuk generasi selanjutnya.

Setiap pohon yang ditanam, setiap sampah yang diangkat, adalah wujud nyata kepedulian Astra Financial terhadap bumi yang dipijak. Tak hanya itu, melalui Estafet Peduli Bumi dan donasi sampah, Astra Financial mengajak masyarakat untuk turut menjaga bumi.

Kemudian, dalam pilar Kewirausahaan, ribuan UMKM yang dibina setiap tahunnya bukan sekadar angka, tetapi cerita-cerita harapan. Setiap pengusaha kecil yang didukung, setiap bisnis yang tumbuh, adalah bukti bahwa Astra Financial peduli pada masa depan mereka.

Dengan memberi mereka pelatihan dan pendampingan, Astra Financial tidak hanya membantu roda ekonomi terus berputar, tetapi juga mewujudkan mimpi-mimpi kecil menjadi kenyataan, membawa harapan bagi banyak keluarga dan komunitas.

Inilah kepedulian yang nyata dari Astra Financial, dalam setiap programnya, tak hanya mengedepankan visi keberlanjutan, tetapi juga bahwa di balik setiap langkah, ada hati yang bekerja untuk kebaikan bersama. Astra Financial senantiasa berupaya untuk menjadi mitra bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia.(Ben)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan