Arus Balik Lebaran 2025: Daop 6 Yogyakarta Catat 30.197 Penumpang pada 5 April

oleh

Fixsnews.co.id- Sabtu, 5 April 2025, menandai hari kelima pasca Lebaran dan masa arus balik penumpang di Daop 6 Yogyakarta. Berdasarkan data yang diperoleh hingga pukul 09.00 WIB, Daop 6 Yogyakarta telah memberangkatkan sebanyak 30.197 pelanggan. Sementara itu, kedatangan penumpang juga menunjukkan angka yang signifikan, dengan 29.112 pelanggan tiba di stasiun-stasiun di wilayah ini.

Tiga stasiun dengan jumlah pemberangkatan terbanyak di Daop 6 Yogyakarta adalah Stasiun Tugu Yogyakarta dengan 11.075 pelanggan, diikuti oleh Stasiun Solo Balapan yang mencatat 7.921 pelanggan, dan Stasiun Lempuyangan dengan 4.466 pelanggan. Untuk kedatangan, Stasiun Yogyakarta menerima 11.187 pelanggan, Stasiun Solo Balapan 6.561 pelanggan, dan Stasiun Lempuyangan 6.544 pelanggan.

Secara kumulatif, hingga hari keenam belas Angkutan Lebaran, Daop 6 Yogyakarta telah memberangkatkan total 369.479 pelanggan, sementara untuk kedatangan, jumlahnya mencapai 397.457 pelanggan.

“Per 5 April 2025, penjualan tiket KA Lebaran di Daop 6 Yogyakarta telah mencapai 422.041 tiket, atau 93% dari total kapasitas yang disediakan, yaitu 453.862 tiket. Kami mengimbau kepada pelanggan yang belum memesan tiket untuk arus balik agar segera melakukan pemesanan melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, atau saluran penjualan tiket yang bekerja sama dengan KAI,” ungkap Manajer Humas KAI Daop 6 Yogyakarta, Feni Novida Saragih.

Feni juga menambahkan bahwa puncak arus balik diprediksi akan terjadi pada Minggu, 6 April 2025, dengan 29.000 tiket telah terjual. Angka ini masih dapat berubah karena penjualan tiket masih berlangsung.

Selama masa arus balik Angkutan Lebaran, KAI Daop 6 Yogyakarta mengoperasikan total 37 perjalanan kereta api jarak jauh. Sejak 30 Maret 2025, KAI Daop 6 juga menambah satu kereta tambahan untuk relasi Yogyakarta-Gambir, serta menambah formasi kereta pada rangkaian KA-KA Tambahan untuk meningkatkan kapasitas. Dengan total kapasitas mencapai 453.862 kursi, KAI berkomitmen untuk memberikan layanan transportasi yang andal, nyaman, dan tepat waktu bagi seluruh pelanggan.

KAI Daop 6 Yogyakarta juga mengimbau para pelanggan untuk memanfaatkan fasilitas face recognition yang tersedia di tiga stasiun, yaitu Yogyakarta, Lempuyangan, dan Solo Balapan. Teknologi ini memudahkan proses boarding tanpa perlu menunjukkan tiket cetak atau kartu identitas. Selain itu, KAI menyarankan agar pelanggan mengatur waktu perjalanan dari rumah menuju stasiun agar tidak terlalu mepet, sehingga perjalanan menjadi lebih nyaman dan aman.

“KAI juga mengingatkan masyarakat untuk selalu disiplin, waspada, dan berhati-hati saat berkendara melintasi perlintasan sebidang kereta api. Dengan adanya penambahan perjalanan KA selama Angkutan Lebaran, intensitas kereta yang melintas semakin tinggi. Mari kita bersama-sama menjaga keselamatan, karena keluarga tercinta menunggu di rumah. Terima kasih atas kepercayaan masyarakat yang menjadikan kereta api sebagai pilihan utama untuk mudik Lebaran. Kami akan terus meningkatkan layanan demi memastikan perjalanan yang selamat, nyaman, dan berkesan bagi setiap pelanggan,” tutup Feni.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *