Kabupaten Tangerang, Fixsnews.co.id ,– BPJS Kesehatan bekerjasama dengan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL) untuk memberikan layanan bagi peserta dengan menunjuk petugas Pemberi Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP). Optimalisasi pengelolaan petugas PIPP membutuhkan standar pelayanan prima, guna untuk memastikan pemberian layanan yang berkualitas bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Dalam hal ini, BPJS Kesehatan Cabang Tigaraksa menyelenggarakan kegiatan Workshop Pelayanan Prima serta monitoring dan evaluasi (monev) bersama PIPP wilayah Kabupaten Tangerang.
“Dalam upaya bersama meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), kami berharap petugas PIPP di seluruh fasilitas kesehatan dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam terkait standar pelayanan prima, serta memperkuat perannya dalam menyampaikan informasi yang akurat, terkini dan mudah dipahami kepada peserta JKN melalui kegiatan ini. Kami meyakini, bahwa peningkatan kapasitas dan peran petugas PIPP merupakan bagian penting dalam memastikan terselenggaranya layanan kesehatan yang berkualitas, berkesinambungan dan berorientasi pada kepuasan peserta. Untuk itu, besar harapan kami agar petugas PIPP dapat memahami kegiatan ini demi terwujudnya pelayanan kesehatan yang semakin baik di masa mendatang,’’ ujar Irmajanti Lande Batara, selaku Kepala Cabang BPJS Kesehatan Tigaraksa. (10/6/2025).
Kegiatan Workshop dengan tema “Ultimate Service and Handling Complaint for Health Facilities” juga turut menghadirkan narasumber eksternal yang ahli di bidangnya. Menurut Irma, kegiatan ini dirancang khusus untuk meningkatkan kemampuan petugas PIPP dalam memberikan pelayanan yang maksimal dan efektif dalam menangani keluhan peserta JKN. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembangkan keterampilan komunikasi, penyelesaian masalah, serta pengelolaan keluhan secara profesional dan konstruktif, sehingga dapat meningkatkan kepuasan dan kepercayaan peserta JKN terhadap layanan kesehatan. Dengan pendekatan yang komprehensif, workshop ini membekali petugas PIPP dengan teknik pelayanan prima yang tidak hanya memenuhi kebutuhan peserta, tetapi juga menciptakan pengalaman pelayanan yang positif dan berkesan di fasilitas kesehatan.
“Pelayanan prima merupakan fondasi utama dalam menciptakan sistem kesehatan yang responsif dan berorientasi pada kebutuhan peserta. Pelayanan prima kepada peserta JKN merupakan komitmen untuk memastikan setiap individu mendapatkan akses layanan kesehatan yang mudah, cepat dan berkualitas. Petugas PIPP harus mampu memberikan informasi yang jelas, menanggapi keluhan dengan cepat, serta melayani dengan sikap yang ramah dan profesional. Dengan begitu, peserta JKN merasa dihargai dan terbantu, sehingga kepercayaan terhadap Program JKN semakin meningkat. Dalam era digital dan informasi yang serba cepat, kemampuan menangani keluhan secara efektif dan profesional menjadi kunci utama agar pelayanan kesehatan dapat terus berkembang dan beradaptasi dengan kebutuhan masyarakat,’’ tutur Iin Supriyatin Ramli, selaku narasumber workshop.
Kegiatan berlangsung secara antusias oleh seluruh petugas PIPP yang hadir, baik secara online maupun offline. Kegiatan Workshop Pelayanan Prima ini berhasil menarik perhatian dan antusiasme tinggi dari seluruh peserta. Selama sesi berlangsung, peserta terlihat sangat aktif dan bersemangat dalam mengikuti setiap materi yang disampaikan. Banyak dari mereka yang tidak hanya serius menyimak, tetapi juga aktif bertanya dan berdiskusi untuk menggali lebih dalam tentang teknik dan strategi pelayanan yang berkualitas. Melalui edukasi dan penguatan peran petugas, pelayanan prima akan dapat terwujud secara konsisten dan kerjasama sinergi dapat terjaga demi pelayanan kesehatan yang lebih baik di masa depan. Serta dengan semangat yang tinggi, diharapkan setiap petugas PIPP dapat menjadi agent perubahan dengan membawa inovasi dan meningkatkan kepuasan peserta JKN secara berkelanjutan. (***/01)