Kabupaten Tangerang, Fixsnews.co.id ,– Dalam upaya mewujudkan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan berorientasi pada kepuasan peserta, peran perawat sebagai garda terdepan dalam pelayanan BPJS Kesehatan sangatlah penting. Melayani peserta dengan sepenuh hati bukan hanya menjadi tugas profesional, tetapi juga panggilan kemanusiaan untuk memberikan perhatian, empati, serta kenyamanan selama proses perawatan. Pelayanan yang tulus dan penuh perhatian ini menjadi kunci dalam menciptakan rasa nyaman dan kepercayaan peserta terhadap Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Hal ini pula yang selalu dilakukan oleh Eka Kurniasih (38), sebagai perawat di Puskesmas Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang.
“Sebagai perawat yang melayani peserta JKN, saya memahami betul pentingnya memberikan pelayanan yang tidak hanya profesional, tetapi juga penuh perhatian dan empati. Melayani dengan sepenuh hati berarti lebih dari sekedar menjalankan prosedur medis, namun juga mendengarkan keluhan pasien, memberikan penjelasan dengan sabar, serta memastikan setiap peserta JKN merasa dihargai dan mendapatkan perawatan terbaik. Saya pun juga sudah terdaftar sebagai peserta JKN sejak awal ketika sebelum peralihan dari PT. Askes, saya memastikan seluruh kepesertaan JKN keluarga saya aktif hingga saat ini, karena kondisi kesehatan seseorang tidak dapat diprediksi,’’ tutur Eka. (10/6/2025).
Eka juga menyampaikan bahwa dirinya merasakan sendiri manfaat yang sangat nyata dari Program JKN, dibuktikan dari pengalamannya yang merasakan perbedaan signifikan antara persalinan anak pertamanya dengan anak kedua. Pada persalinan pertama, Eka harus membayar biaya operasi caesar secara pribadi dikarenakan saat itu belum terdaftar sebagai peserta JKN, biaya yang timbul sangat besar hingga membuatnya merasa terbebani. Namun, untuk kelahiran anak keduanya, seluruh biaya sudah ditanggung oleh Program JKN, sehingga meringankan beban keluarga secara signifikan. Manfaat lainnya juga dirinya rasakan ketika sang ayah yang menderita penyakit jantung pada 2024 lalu dan harus menjalani prosedur pemasangan ring jantung. Berkat Program JKN, seluruh biaya pengobatan tersebut dijamin sepenuhnya, dan tentu memberikan kepastian dan rasa tenang bagi keluarga Eka.
“Seiring berjalannya satu dekade pelaksanaan Program JKN, saya merasakan bahwa BPJS Kesehatan terus melakukan pengembangan dan perbaikan dalam pelayanan fasilitas kesehatan serta berbagai kemudahan bagi para pesertanya. Masyarakat pada umumnya kini dapat menikmati pelayanan yang setara dan lebih optimal, apalagi dengan hadirnya Aplikasi Mobile JKN yang sangat membantu. Melalui Aplikasi Mobile JKN, saya menyaksikan para peserta JKN yang saya layani dapat melakukan pendaftaran secara online, menambah anggota keluarga sebagai peserta tanpa harus datang langsung ke kantor cabang, sehingga proses menjadi lebih mudah dan efisien. Selain itu, Program JKN juga telah menghadirkan banyak fitur baru yang mengikuti perkembangan digitalisasi, yang semakin mendukung akses layanan kesehatan secara cepat dan praktis bagi seluruh masyarakat.” ucap Eka.
Keberadaan Program JKN telah memberikan kontribusi yang sangat berarti dalam menjamin akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau. Program JKN memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat karena telah membantu banyak orang untuk mendapatkan jaminan kesehatan yang layak. Eka berharap, program ini dapat terus ada dan berkelanjutan, mengingat biaya kesehatan yang sangat mahal dan ketidakpastian kondisi kesehatan setiap individu. Dengan hadirnya Program JKN, masyarakat bisa merasa lebih tenang karena adanya perlindungan kesehatan yang menanggung biaya pengobatan mereka. Oleh karena itu, Eka juga menyampaikan bahwa Pemerintah memiliki andil untuk terus mendukung dan mengembangkan Program JKN agar manfaatnya bisa dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat secara maksimal. (***/01)