Antisipasi Banjir, DPU Tangsel Bersihkan Situ 7 Muara

TANGSEL, Fixsnews.co.id- Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bersama dengan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane bergotong-royong membersihkan enceng gondok yang tumbuh subur memenuhi Situ 7 Muara atau Ciledug, Pamulang, Kota Tangsel, Senin (2/11).

Aksi bersih-bersih ini dilakukan untuk meminimalisir potensi banjir yang disebabkan karena aliran Situ tertutup enceng gondok. Sehingga, aliran air pun tidak lancar dan meluap. Apalagi, musim penghujan sudah mulai berlangsung sekarang.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangsel Aries Kurniawan, menjelaskan, aksi ini dilakukan karena banyaknya enceng gondok, pembersihan tersebut tidak hanya dilakukan di Situ 7 Muara namun juga Situ Sasak Pamulang.

Dikatakan dia, aksi ini merupakan aksi kepedulian atas banyaknya enceng gondok yang tumbuh subur di Sungai.Secara tanggung jawab, kata dia, sebenarnya ini merupakan tanggung jawab dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), sehingga Dinas Pekerjaan Umum bersama dengan BBWS bersama-sama melakukan pembersihan enceng gondok tersebut.

“Kita mengerahkan sebanyak 54 petugas bersama dengan BBWS, dan membersihkan sebanyak 72 kubik enceng gondok atau 12 truk sampah yang dibuang ke TPA Cipeucang,”ungkap Aries.

Aries menjelaskan, jika dibiarkan, enceng gondok akan menjadi masalah besar ketika musim penghujan sudah turun secara berkelanjutan.Ia menyebut, enceng gondok bisa menjadi penyumbat aliran air menjadi tidak lancar.

“Ini yang kami antisipasi. Kami tidak ingin nantinya aliran air terhambat akibat enceng gondok. Kami ingin mengantisipasi banjir dari penumpukan enceng gondok ini.”jelasnya.

Tidak hanya Situ 7 Muara, untuk Situ Sasak pun Dinas Pekerjaan Umum sedang melakukan pembersihan saluran air, dengan pengerukan lumpur. “Kita mengeruk lumpur dengan meminjam alat dari BBWS, karena Situ Sasak merupakan outlet dari kali kedaung , jika terjadi penumpukan lumpur akan menyebabkan banjir di wilayah BPI, MA, sehingga dengan dilakukannya pengerukan sebagai antisipasi PU agar aliran lancar masuk ke Situ tersebut,”katanya.

Dinas Pekerjaan Umum pun sedang melakukan pengerukan lumpur Kali Serua, Nusa Indah, Kali Ciputat segmen Graha Permai. “Ini semua dilakukan untuk antisipasi banjir di kota Tangsel,”singkatnya. (hms)