Atasi Kekurangan Air Diperumahan, Sudirman Indra Gagas Program Bank Air


Kabupaten Tangerang, Fixsnews, – Sudirman Indra atau akrab dipanggil Koh Acin Penggagas Bank Air, yang ada di wilayah Kabupaten Tangerang. Program Bank air di Kawasan Perumahan Batara Village di Desa Cikasungka Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang, merupakan kerja sama antara Perumahan Batara Village dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI ). Senin, (17/1/2022).

Sudirman Indra mengatakan, bahwa ketersediaan air memang sangat terasa kurang, namun di sisi lain curah hujan yang sulit kita prediksi sehingga menimbulkan banjir di beberapa titik, persoalannya saluran air atau draenase yang kurang di perhatikan sehingga menimbulkan banjir, ini juga yang perlu kita pikirkan.

Di satu sisi, di Kabupaten Tangerang lonjakan penduduk sangat tinggi, terutama urbanisasi, sementara peningkatan PAD tidak di ikuti dengan pelayanan,dengan bertambahnya penduduk kita berharap jangan sampai terjadi lonjakan pengangguran, sementara ketersediaan lapangan kerja sangat terbatas.

Dalam Program Bank air merupakan contoh yang ada di Kabupaten Tangerang, di samping untuk kebutuhan rumah tangga juga bisa meredam banjir, karena air tidak langsung turun ke jalan akan tetapi masuk ke penampungan atau Bank air untuk di filterisasi.

Dalam kesempatan yang sama Deputi LIPI menyampaikan, Bahwa satu persatu dapat di implementasikan dan ini yang bisa di persembahkan oleh LIPI, pada umumnya di kawasan Perumahan selalu kekuarangan air, dalam penelitiannya Lipi bagaimana caranya agar tidak kekurangan air kemudian di buat suatu konsep teknologi sederhana pembuatan Bank air yang bisa menampung air hujan, tapi LIPI tidak berhenti sampai di sini, terus melakakukan penelitian.

Agar diketahui LIPI tidak membawa anggaran, akan tetapi mengajak kerja sama untuk melakukan penelitian pada suatu daerah sehingga melahirkan suatu potensi yang dapat bermanfaat untuk daerah itu sendiri.

Bank air mempunyai kapasitas sekitar tujuh Kubik, untuk ukuran empat orang keluarga dapat di pakai selama satu minggu, sedangkan pembangunan Rumah tersedia sekitar 300 unit.

Sekilas tentang konsep dan fungsi Bank air, Bank air adalah model penampungan air yang terinspirasi dari kearifan lokal dengan teknologi sederhana guna memanfaatkan air hujan yang berlimpah untuk konservasi sumber daya air.

Konsep Bank air di yakini dapat melindungi kawasan dari genangan air pada saat curah hujan tinggi, dan memperkaya akan cadangan air, serta meningkatkan kualitas air, memperbaiki struktur tanah, mengatasi pencemaran air di sekitarnya.

LIPI melakukan kajian air tanah memakai alat geolistrik di perumahan Kota Batara Village, Beberapa tahun yang lalu juga Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar meresmikan bersama LIPI. Untuk pembangun bank air atau sumur injeksi yang dimaksud bank air atau sumur injeksi supaya air hujan bisa disimpan di bak penampungan dan selebihnya di jeksi kendalam tanah dengan tekanan air yang sudah ditata.

“Bank Air sudah dibangun sekitar 300 unit di perumahan Batara Village cuma ada beberapa rumah sudah dirubah dan banknya air sudah tiada, penemu bank air Sudirman Indra menjelaskan, kalau bank air dirawat terus menurus bisa membantu cadangan air bertambah di iklim tropis minimal hujan turun dalam setahun 100 kali
Kalau setiap kali hujan air masuk kedalaman satu kubik saja, berarti setahun bisa -100 kubik disimpan didalam tanah,” ujarnya. (by/01)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan