Awali Tahun Baru, Bupati Lantik Pejabat Pemkab Trenggalek

Trenggalek, Jawa Timur, fixsnews.co.id – Mengawali tahun anggaran 2023, Bupati Trenggalek, Mochammad Nur Arifin melakukan mutasi 5 Pejabat Tinggi Pratama di lingkup Pemkab Trenggalek. Pengambilan sumpah dan pelantikan 5 pejabat ini dilakukan Bupati Trenggalek di Pendopo Manggala Praja Nugraha, Jalan Aloon-aloon, Selasa malam (3/1/2023).

Drs. Totok Rudijanto yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Trenggalek, menduduki jabatan baru sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan. Kemudian dr. Saeroni, MMRS, yang sebelumnya menduduki jabatan Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana menduduki jabatan baru sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Sekda Trenggalek.

Ir. Mulyahahandaka, Kepala Dinas Perindustrian dan Ketenagakerjaan Kabupaten Trenggalek diangkat dalam jabatan baru sebagai Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Trenggalek. Drs. Agus Setiyono, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan diangkat dalam jabatan baru sebagai Kepala dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga.

Kasatpol PP dan Kebakaran, Drs. ST. Triadi Admono, M.Si., diangkat dalam jabatan baru sebagai Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Trenggalek. Selain jabatan baru, mantan Kasatpol PP dan Kebakaran itu diberikan tugas tambahan sebagai Plt. Kasatpol PP dan Kebakaran.

Kemudian, selain 5 Pejabat Tinggi Pratama yang diambil sumpah dan pelantikannya itu, Bupati Trenggalek juga melakukan mutasi dan promosi untuk jabatan administrator di beberapa OPD. Diantaranya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Trenggalek serta Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Trenggalek.

Kemudian untuk mengisi beberapa jabatan yang kosong Bupati Trenggalek menunjuk beberapa pelaksana tugas, diantaranya dr. Sunarto, Sekretaris Dinas Kesehatan PPKB sebagai Plt. Kepala Dinas ini. dr. Ratna Sulistyowati, Kepala Bappeda Litbang ditunjuk sebagai Plt. Kepala Dinas Sosial PPPA. Edif Hayunan Siswanto, S.Sos., M.Si., Kepala Dinas Kominfo kembali ditunjuk menjadi Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Drs. Suhartoko, Sekretaris Bakeuda sebagai Plt. Kepala Bakeuda. Drs. Saniran sebagai Plt. kepala Komindag. Dra. Cusi Kurniawati Kepala Dinas Perikanan ditunjuk sebagai Plt. Kepala Dinas Peternakan.

Kemudian untuk Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ditunjuk kembali Drs. Djoko Susanto, sekretaris dinas ini. Selanjutnya Drs. Edi Santoso, Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, sebagai PLT dinas ini.

Mengisi kekosongan jabatan itu, Bupati Trenggalek akan mengadakan lelang jabatan dalam waktu dekat. Syaratnya, sebelum paparan kepada bupati, peserta lelang diwajibkan paparan kepada masyarakat dan mendapatkan banyak suka dari masyarakat.

Banyak harapan dari kepala daerah yang akrab disapa Gus Ipin itu, dengan melakukan mutasi beberapa posisi pejabat tinggi Pratama. Diantaranya menunjuk Kasatpol PP dan Kebakaran sebagai Kalaksa BPBD. Kalau harus menunggu lelang jabatan menurut Bupati Trenggalek terlalu lama, padahal masih banyak tantangan yang harus dihadapi dengan kondisi cuaca ekstrem saat ini. Sehingga dalam mutasi ini, Bupati Trenggalek mempercayakan posisi jabatan ink kepada mantan Kasatpol PP Trenggalek yang sudah dikenal cekatan dalam berbagai urusan.

Kemudian dalam pengambilan sumpah dan pelantikan itu, kepala daerah muda itu berpesan, “tahun baru semangat baru, saya minta lebih cepat dan lebih baik dalam melayani,” tandasnya berpesan.

(bud)