Jakarta,Fixsnews.co.id- Bank Raya, sebagai bank digital bagian dari BRI Group, terus menunjukkan komitmennya dalam mendorong inovasi di sektor perbankan. Dalam upaya tersebut, Bank Raya berhasil meraih penghargaan Digital Innovation Awards (DIA) 2025 untuk kategori Digital Innovation in Business Transformation dari iNews Media Group. Penghargaan ini diberikan atas keberhasilan Bank Raya dalam melakukan transformasi layanan digital melalui aplikasi Raya App, yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman perbankan digital bagi masyarakat dan pelaku usaha.
Penghargaan ini diumumkan dalam malam puncak DIA 2025 yang diselenggarakan di MNC Conference Hall, Jakarta, dan dihadiri oleh Lukman Hakim, Direktur Digital dan Operasional Bank Raya. DIA 2025 merupakan ajang apresiasi bagi pelaku inovasi digital yang berhasil menghadirkan solusi teknologi dengan dampak positif bagi dunia usaha dan masyarakat. Salah satu keunggulan penghargaan ini adalah partisipasi publik yang memberikan suara melalui sistem voting.
Lukman Hakim menyatakan, “Penghargaan ini menjadi penyemangat bagi kami untuk terus memberikan komitmen dan kinerja terbaik bagi para stakeholders. Sebagai digital attacker BRI Group, kami berkomitmen untuk menjadi bank digital yang mengedepankan inovasi teknologi dalam memberikan akses layanan keuangan yang lebih luas bagi masyarakat.”
Sebagai bank digital, Bank Raya fokus pada inovasi untuk mendorong pertumbuhan bisnis dengan menghadirkan produk dan fitur yang relevan bagi nasabah, terutama pelaku usaha. Beberapa inovasi yang diperkenalkan termasuk Saku Bisnis untuk memudahkan pengelolaan keuangan pelaku usaha, QRIS Bisnis yang terintegrasi dengan Saku Bisnis, serta fitur Saku Bareng untuk menabung kolektif.
“Pengembangan produk dan inovasi di Bank Raya didasari oleh prinsip shorter, smaller, faster, sehingga kami dapat menghadirkan inovasi yang tepat sasaran. Kami juga terus memperkuat aspek keamanan melalui sistem deteksi penipuan berbasis kecerdasan buatan dan meningkatkan layanan kepada nasabah melalui Sapa Raya yang dapat diakses 24 jam,” tambah Lukman.
Dengan komitmen inovasi produk digital dan pertumbuhan bisnis yang berkualitas, Bank Raya berhasil mencatatkan kinerja cemerlang pada Kuartal I/2025. Laba bersih mencapai Rp16,92 miliar, tumbuh 84,7% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Total aset Bank Raya juga tumbuh 9% menjadi Rp13,35 triliun, didukung oleh pertumbuhan total kredit sebesar Rp7,34 triliun.
Bank Raya berhasil melayani lebih dari 1 juta nasabah melalui Raya App, dengan frekuensi transaksi meningkat menjadi 1,1 juta transaksi, naik 57,1% dibandingkan tahun lalu. Dengan semakin berkembangnya fitur dan inovasi produk, Bank Raya optimis jumlah nasabah akan terus meningkat.
“Penghargaan ini kami persembahkan bagi para nasabah, BRI Group, dan semua ekosistem yang mendukung pertumbuhan bisnis Bank Raya. Kami berkomitmen untuk terus berinovasi dan memberikan makna bagi BRI Group dan Indonesia,” tutup Lukman.(Ben)