oleh

DANKODIKLAT TNI : LDK Bentuk Karakter Siswa Disiplin dan Bermental Tangguh


Kota Tangsel, Fixsnews ,- “Melalui latihan dasar kepemimpinan (LDK) ini saya sampaikan kepada para siswa-siswi sekalian agar memanfaatkan waktu 3 (tiga) hari ini untuk belajar dan berlatih, perhatikan setiap materi pelajaran yang disampaikan oleh para pelatih/instruktur, baik teori maupun praktek karena materi yang diberikan selama pelatihan ini bertujuan untuk membentuk sikap disiplin dan mental siswa-siswi yang tangguh. Dengan berdisiplin dan bermental yang tangguh maka para siswa-siswi tidak pernah menyerah dalam mengahadapi berbagai tugas serta berhasil dalam meraih cita-cita,” hal ini ditegaskan Dankodiklat TNI, Letnan Jenderal TNI Madsuni, S.E. dalam sambutannya yang dibacakan Dirlat Kodiklat TNI, Brigjen TNI Arkamelvi Karmani, S.E.

Kodiklat TNI bekerjasama dengan Madrasah Akiyah Negeri Insan Cendekia melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) yang dilaksanakan di Markas Kodiklat TNI. Pelaksanaan latihan dimulai dengan upacara pembukaan latihan dipimpin Direktur Latihan (Dirlat) Kodiklat TNI, Brigjen TNI Arkamelvi Karmani, S.E. mewakili Komandan Kodiklat TNI, Letnan Jenderal TNI Madsuni, S.E. di Mako Kodiklat TNI Serpong, Tangsel pada Jum’at (3/12/2021) lalu.

LDK dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 3 sampai dengan 5 Desember 2021, diharapkan siswa-siswi peserta latihan untuk belajar dan berlatih serta selalu memperhatikan setiap materi yang disampaikan instruktur/pelatih.

Latihan Dasar Kepemimpinan yang diberikan kepada siswa-siswi madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia adalah untuk membentuk karakter siswa-siswi yang berdisiplin dan bermental tangguh, untuk itu Dankodiklat TNI menekankan kepada para pelatih, instruktur agar dalam memberikan materi teori maupun praktek agar mempedomani metode mengajar yang berlaku di lingkungan TNI serta materinya aplikatif, sehingga memudahkan para peserta latihan dapat memahami dan melaksanakannya dengan baik, karena latihan dasar kepemimpinan yang di selenggarakan selama tiga hari masih belum optimal, untuk itu kepada para pelatih agar memanfatkan waktu binsuh yang ada berupa materi-materi yang disampaikan di kelas maupun di lapangan untuk disampaikan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut, sehingga para siswa-siswi dapat memahami dan melaksanakannya dengan optimal.

Pelaksanaan LDK ini diikuti oleh 136 siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia, Serpong. Sementara materi-materi yang diberikan selama latihan diantaranya Ilmu Kepemimpinan, motivator, Peraturan Militer Dasar, Outbound, Pengenalan Matra TNI, serta Caraka Malam.

Para peserta latihan diharuskan sudah melaksanakan vaksin dan sebelum melaksanakan latihan sudah melaksanakan Swab antigen yang dilaksanakan Satuan Kesehatan Kodiklat TNI, dan dinyatakan semua peserta non reaktif dari penyebaran virus corona, serta selama latihan baik peserta dan penyelenggara latihan diwajibkan mematuhi protokol kesehatan yang telah diberlakukan.

Tampak hadir dalam upacara pembukaan latihan para pejabat dilingkungan Kodiklat TNI, Kepala sekolah serta para guru siswa-siswi madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia. (by/01)

News Feed