Deputi Direktur BPJAMSOSTEK Banten Ingatkan Masyarakat Waspadai Penipuan

Banten,Fixsnews.co.id- Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Wilayah Banten Yasaruddin mengimbau seluruh masyarakat khususnya pekerja dan pemberi kerja untuk lebih berhati-hati dan mewaspadai terhadap segala bentuk informasi maupun modus penipuan yang mengatasnamakan BPJAMSOSTEK. Salah satunya modus dalam aksi penipuan terkait dengan penyaluran Bantuan Subsidi Upah (BSU).

“Saat ini banyak pihak tidak bertanggung jawab yang melakukan penipuan dengan menyebarluaskan informasi tidak benar melalui pesan singkat maupun sosial media. Masyarakat harus lebih teliti dalam menerima sebuah informasi, agar tidak menjadi korban atas tindakan tersebut,” Ungkap Yasarudin dalam keterangan persnya, Selasa (25/10/2022).

“JIka ada masyarakat atau peserta BPJamsotek yang mengalami penipuan, disarankan untuk melaporkannya ke BPJamsostek terdekat maupun kepada pihak berwajib,” tambahnya.

Yasarudin menjelaskan, bagi pekerja yang ingin mengetahui apakah dirinya layak sebagai calon penerima BSU, dapat dilakukan dengan mengakses kanal resmi melalui bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id. selain itu, seluruh informasi resmi BPJAMSOSTEK dapat diakses melalui situs www.bpjsketenagakerjaan.go.id, Layanan Masyarakat 175, serta akun Facebook BPJS Ketenagakerjaan, Instragram bpjs.ketenagakerjaan atau Twitter @bpjstkinfo.

Yasarudin memaparkan, sesuai amanah undang-undang, BPJamsostek merupakan badan hukum publik yang ditunjuk pemerintah untuk menyelenggarakan 5 program perlindungan yang terdiri dari Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP) dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).

“Tentu seluruh pelayanan dan segala bentuk promosi yang dilakukan oleh BPJamsostek tidak pernah dipungut biaya. Semoga ke depan tidak ada lagi tindak penipuan yang mengatasnamakan BPJamsostek agar kepercayaan masyarakat terhadap program negara dalam melindungi pekerja terus terjaga,” paparnya. (Ben)