Dinsos Kabupaten Tangerang Salurkan 50 Tongkat Aditif ke Penyandang Tuna Netra


Kabupaten Tangerang, Fixsnews , – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tangerang memberikan bantuan sosial berupa tongkat adaptif kepada 50 masyarakat penyandang Tunanetra di Kabupaten Tangerang.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tangerang, Ujat Sudrajat mengatakan, bantuan ini diberikan untuk membantu penyandang tunanetra melakukan mobilitas. Tongkat adaptif ini berbeda dengan tongkat pada umumnya karena dilengkapi sensor air, api, benda, dan GPS. Fasilitas itu akan memudahkan aktivitas sehari-hari para penyandang tunanetra.

“Pemberian alat bantu ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas aktivitas sehari-hari, sehingga lebih mandiri, juga memberikan layanan dan perlindungan sosial bagi penyandang tunanetra,” kata Ujat, Selasa (28/12/2021).

Bantuan tongkat tersebut merupakan usulan dari Pemerintah tingkat Desa, seperti RT/RW setempat. Setelah itu, Dinas Sosial melakukan verifikasi dan validasi usulan, sehingga tepat sasaran.

“Sejauh ini pemerintah telah melakukan berbagai upaya dalam memenuhi kebutuhan alat bantu untuk penyandang disabilitas. Antara lain melalui pembiayaan baik dari pusat, provinsi, maupun kabupaten,” tuturnya.

Bantuan tersebut dibagikan kepada 32 Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni), dan 6 untuk Kecamatan Pasar Kemis Serta 4 untuk kecamatan kelapa dua, 9 tongkat lainnya masih menunggu verifikasi lanjutan.

Sementara itu, salah satu penyandang tunanetra, Estiyanto merasa terbantu dengan adanya tongkat tersebut. Dirinya juga mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan.

“Tongkat ini saya rasa sangat bermanfaat, karena tongkat ini sangat canggih dapat mengeluarkan bunyi jika ada benda yang menghalangi. Dan ini sangat membantu saya yang tidak dapat melihat untuk berjalan,” ujarnya. (by/01)