Disambut Antusias Warga, Pj Wali Kota Tangerang Buka Festival Cisadane 2024

Tangerang,Fixsnews.co.id- Festival Cisadane 2024 kembali digelar di Kota Tangerang. Bertajuk “Sport, Expo, dan Entertainment,” Festival tersebut dibuka dengan semarak pesta budaya yang meriah. Mulai dari tari kolosal, gambang kromong, rampak beduk, sampai konser musik kontemporer yang dibawakan oleh Om Abidin. Ribuan warga Kota Tangerang menyambut antusias kemeriahan pembukaan Festival Cisadane 2024 yang dibuka secara resmi Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Dr. Nurdin.

“Hari ini kita membuka kembali Festival Cisadane 2024 sebagai bagian dari upaya melestarikan kekayaan budaya serta memberikan wadah kreativitas bagi masyarakat di Kota Tangerang. Malam ini juga berjalan meriah, sudah bisa dilihat bersama antusias masyarakat menyambut festival tahunan ini,” ujar Nurdin selepas membuka secara resmi Festival Cisadane 2024, Sabtu (20/7/2024).

Dr. Nurdin, yang pertama kalinya mengikuti Festival Cisadane ini, menyampaikan, Festival Cisadane kembali digelar ini sebagai wujud komitmen melestarikan budaya, sejarah, dan kreativitas masyarakat Kota Tangerang.

“Alhamdulillah, Festival Cisadane yang diadakan setiap tahun ini kembali digelar, agenda ini telah menjadi bagian integral dari kalender kota dan selalu dinanti-nantikan oleh masyarakat. Sebagai warga kota, kita patut bangga dan terus mengembangkan kekayaan sejarah dan budaya ini,” ujar Pj Wali Kota.

Lebih lanjut, Pj Walikota, festival ini sebagai peluang bagi para pelaku usaha untuk mempromosikan produk dan jasa mereka, serta mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di Kota Tangerang.

“Sungai Cisadane yang menjadi jantung festival ini, 600 tahun lalu menjadi urat nadi perekonomian dan jalur transportasi penting bagi kota ini. Untuk itu, festival ini bukan hanya ajang hiburan semata, namun juga menjadi wadah dan peluang bagi para pelaku seni budaya untuk menunjukkan eksistensi dan memajukan kesenian di tengah masyarakat,” jelasnya.

Alumnus Universitas Indonesia ini, juga menyoroti antusias masyarakat yang tinggi, terbukti dengan ramainya pengunjung pada hari pertama yang telah menunjukkan kemeriahan dan daya tarik festival ini.

“Tentunya ini, berkat kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat menjadi kunci utama dalam mewujudkan tujuan Festival Cisadane, yaitu meningkatkan ekonomi kreatif dan melestarikan budaya Kota Tangerang,” kata Dr.Nurdin.

Pada kesempatan ini, Pj. Wali Kota, juga mengundang masyarakat untuk menikmati berbagai pertunjukan budaya dan kemeriahan Festival Cisadane selama lima hari ke depan.

“Pemerintah Kota Tangerang berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam kemajuan kebudayaan termasuk pembangunan infrastruktur dan ekonomi. Mari kita jadikan festival ini sebagai momen untuk mempererat persatuan dan terus melestarikan budaya Kota Tangerang,” ajaknya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang Rizal Ridolloh menambahkan, Festival Cisadane 2024 juga menjadi momentum untuk membangkitkan pariwisata di Kota Tangerang.

Terlebih, Festival Cisadane selama ini berhasil menarik antusias dan daya kunjung secara luar biasa, serta mendorong eskalasi pertumbuhan perekonomian lokal di Kota Tangerang.

“Tidak hanya sebagai representasi akulturasi budaya, Festival Cisadane juga disuguhkan sebagai salah satu hiburan (pesta budaya) yang bisa dinikmati oleh masyarakat di Tangerang Raya. Apalagi, antusiasnya sangat luar biasa, sehingga diharapkan mampu meningkatkan geliat perekonomian,” kata Rizal.

Rizal memaparkan, Festival Cisadane tahun ini akan hadir dengan pengalaman dan keseruan yang berbeda. Tak ketinggalan, salah satu gelaran ikonik ialah lomba perahu naga mulai 21-24 Juli.

“Festival Cisadane juga akan hadir dengan ragam penampilan seperti gambang kromong, tari kolosal, rampak beduk hingga barongsai. Tak ketinggalan ratusan stand UMKM dan pelayanan publik dari seluruh OPD Kota Tangerang,” paparnya.(ADV)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan