Disbudpar Kota Tangerang Gelar Wicara Seni Pencak Silat Besi Secara Virtual

Kota Tangerang, Fixsnews.co.id- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) melalui bidang budaya menggelar wicara atau diskusi seni pencak silat besi di Sanggar Besi H. Marhali – H. Risan Gang Ambon Masjid Al-Mukhlisin, Kelurahan Jurumudi, Benda, Kota Tangerang. Jumat, (12/6/2021).

Baca Juga : Disbudpar Gelar Pemilihan Kang dan Nong Kota Tangerang, Sachrudin : Harus Jadi Pelopor Dalam Mempromosikan Pariwisata

Pada acara yg bertajuk ” MEMBAWA SILAT BESI KE PANGGUNG NASIONAL “,Kepala Bidang Budaya Kota Tangerang Sumangku dalam sambutannya menyampaikan bahwa seni silat besi ini adalah asli dari kota ini (Tangerang) tepatnya di Belendung. Adapun acara ini bertujuan untuk bisa lebih mengenal budaya yang lahir dari Kota Tangerang dan juga memperkenalkan nya kepada semua bahkan dunia.

“Silat besi ini adalah budaya kita yg lahir dari Kota kita sendiri tepatnya di Belendung ini, suatu kebanggaan bagi kita semua khususnya warga Belendung, Mari kita kenal kan pada semua seni silat besi ini, tidak menutup kemungkinan kita bisa kenalin juga sama dunia” kata Sumangku.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Seksi Seni dan Perfilman Nurcholis, Keturunan ke H. Marhali Ibnu Maulana, dan juga beberapa perwakilan pendekar dari berbagai sanggar besi di wilayah Kecamatan Benda dan Batuceper.

Dalam sambutannya, Nurcholis meminta para pencinta seni budaya untuk bisa menjaga dengan baik budaya yg ada khusus nya silat besi, agar bisa diwariskan dan menjadi cagar budaya yg di akui semua pihak. Nurcholish juga mohon doa kepada yg hadir agar silat besi ini bisa di filmkan.

“Ini budaya kita yg harus kita jaga bersama khususnya silat besi ini, supaya bisa diwarisin buat keturunan kita dan menjadi budaya yg di akui daerah luar bahkan dunia. Mohon doa nya agar seni silat besi ini bisa terealisasi untuk bisa dijadiin film” kata nurcholish.

Baca Juga : Wakil Cipondoh dan Karang Tengah Juarai Pemilihan Kang Nong 2021

Diskusi tentang sejarah seni pencak silat besi yg di mulai pukul 15:30 WIB berjalan dengan baik selain diskusi acara juga di isi beberapa pertunjukan jurus silat besi.

Ibnu sangat mengapresiasi acara gelar wicara tersebut selain itu ibnu juga berterimakasih.

“Saya sebagai wakil dan juga keturunan H. Marhali sangat dan mengapresiasi dan saya juga sangat berterima kasih sekali kepada pemerhati budaya dalam hal ini pemerintah yg di wakili Dinas Kebudayaan Kota Tangerang” Ucap Ibnu.

Acara yg di siarkan langsung melalui akun instagram Budaya Kota Tangerang ini pun diberakhir tepat pukul 17:30 WIB dan di tutup dengan doa bersama.(Fur/ben)