Diskominfo Kabupaten Tangerang Studi Tiru ke Pemkot Malang

TANGERANG,Fixsnews.co.id– Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tangerang melakukan kunjungan studi tiru ke Diskominfo Kota Malang mengenai penyelenggaraan statistik sektoral, SPBE serta Pengelolaan media.

Rombongan Diskominfo Pemkab Tangerang diterima oleh Asisten Sekretaris Daerah Bidang Administrasi Umum pada Sekretariat Daerah Kota Malang Bidang Administrasi Umum, Sri Winarni (Asda III), di Ruang Rapat Balai Kota Malang.

“Kami mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta. Suatu kehormatan bagi kami dikunjungi oleh 3 Pemerintah Daerah, Pemerintah Kabupaten Tangerang, Pemerintah Kota Banjarmasin, serta Pemerintah Kabupaten Penajam Pasir Utara,” ungkap Asda III saat memberikan sambutan, Kamis, (25/07/2024).

Kegiatan studi tiru tersebut merupakan ajang silaturahmi serta bertukar informasi dan program, demi pelayanan ke masyarakat di wilayahnya masing-masing.

“Transformasi Digital saat ini menghadirkan disrupsi yang berdampak pada semua aspek kehidupan. Tidak terkecuali dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan publik dan pembangunan,” ujarnya.

Sri menegaskan, sebagai bentuk komitmen adaptif terhadap pemerintahan digital, maka indeks kematangan sistem pemerintahan berbasis elektronik ditetapkan sebagai salah satu indikator sasaran dalam rencana pembangunan daerah.

“Komitmen ini dijalankan bersama-sama seluruh perangkat daerah dan unsur kepentingan di Kota Malang,” tegasnya.

Dia berharap, dialog yang berlangsung pada studi tiru ini, menjadikan pertukaran informasi yang konstruktif dan mempererat persahabatan antar daerah.

Di kesempatan yang sama, Ahmad Suryadi, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (Kabid IKP) pada Diskominfo Kabupaten Tangerang menyampaikan, Pemkot Malang memiliki beberapa penghargaan di tingkat nasioal pada penyelenggaraan sistem pemerintahan berbasis digitalisasi.

Seperti, 10 Kota terbaik Digital Government Award 2024, Anindita Wistara Data sebagai Kota Terbaik Nasional Penyelenggaraan Data Sektoral dan Penghargaan Media Humas, Jatim Public Relation Award dan Kelompok Infomasi Masyarakat terbaik di Jawa Timur.

“Dengan beberapa capaian yang diraih, ini dijadikan momentum khususnya Diskominfo Bidang IKP dan Statistik sektoral untuk melakukan dialog dan belajar bersama,” imbuhnya.

Berharap beberapa inovasi yang dimiliki oleh Diskominfo Kota Malang tersebut dapat ditiru dan diaplikasikan pada Diskominfo Kabupaten Tangerang.(Len)