Dorong Terciptanya Sistim Merit di Lingkungan OPD, Pemerintah Kota Tangerang Gelar Sosialisasi


Kota Tangerang, Fixsnews ,- Berdasarkan Penilaian oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) pada tahun 2019 dan ditetapkan awal tahun 2020 Pemerintah Kota Tangerang mendapat penilaian “Baik” dan untuk Penilaian 2020 ditetapkan di awal tahun 2021 mendapat kategori “Sangat Baik” dalam Penerapan Sistem Merit.

Wali Kota Tangerang H. Arief R. Wismansyah hadir sekaligus membuka pada acara Sosialisasi Implementasi Sistem Merit di Lingkungan Pemerintah Kota Tangerang yang digelar secara daring dan dihadiri juga oleh Asisten Komisioner Bidang Pengawasan Penerapan Sistem Merit Wilayah 2 KASN Agus Sudiyanto, Kamis (30/12/2021).

“Sesuai Peraturan KASN Nomor 19 tahun 2019 tentang Pedoman Sistem Merit bahwa Instansi Pemerintah yang mendapat penilaian dengan Kategori Baik dan Sangat Baik harus memiliki dan menerapkan Manajemen Talenta dan Rencana Suksesi sesuai dengan ketentuan Perundang undangan,” ucap Arief saat memberikan sambutan

“Manajemen Talenta berfokus pada pengembangan pegawai dan calon pemimpin dalam mengantisipasi kebutuhan organisasi di masa yang akan datang serta memberi kesempatan yang luas bagi pengembangan karir seluruh pegawai,” tambahnya

Lebih lanjut, Arief menerangkan bahwa Sistem Merit bukanlah hanya mengenai pengisian jabatan saja namun terdapat 8 aspek.

“Mulai dari Perencanaan Kebutuhan, Pengadaan, Pengembangan Karir, Promosi dan Mutasi, Manajemen Kinerja, Penggajian, Penghargaan dan Disiplin, Perlindungan dan Pelayanan serta Sistem Informasi,” terang Arief

Arief juga merinci salah satunya kaitan dengan Sistem Informasi menjadi syarat utama dalam Manajemen Talenta dan Rencana Suksesi bahwa Pemkot Tangerang mempunyai Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMASN) yang sudah diakui secara nasional dengan diterimanya BKN Award selama 5 tahun berturut – turut.

“Sistem atau aplikasi tersebut sudah terdapat aplikasi manajemen talenta dan rencana suksesi, yang di dalamnya telah terpetakan data talenta pegawai yang diukur berdasarkan capaian kinerja serta potensi dan kompetensi pegawai,” jelas Arief

Arief berharap pegawai di lingkungan Pemkot Tangerang dapat mendorong terciptanya sistem merit di lingkungan OPD masing – masing melalui peningkatan kualitas SDM demi kemajuan Kota Tangerang, khususnya dalam pengelolaan manajemen ASN.

“Tidak lupa kami ucapkan terima kasih kepada Bapak – bapak Asisten Komisioner Pengawasan Sistem Merit KASN yang senantiasa membimbing dan mendukung kami dalam menerapkan Sistem Merit di Kota Tangerang,” pungkas Arief. (ded/01)