Home / Berita Utama / Dukung Ketahanan Pangan Terimbas Covid-19, Kodim 0510/Trs Gandeng Swasta Garap Ratusan Hektar Lahan Pertanian

Dukung Ketahanan Pangan Terimbas Covid-19, Kodim 0510/Trs Gandeng Swasta Garap Ratusan Hektar Lahan Pertanian


Kab. Tangerang, Fixsnews ,- Mewabahnya virus Covid-19 di Negara belahan dunia bahkan Indonesia tidak saja berimbas kepada perkembangan ekonomi dan sosial bahkan pangan pun turut menjadi imbas mewabahnya virus Covid-19.

Untuk mengantisipasi krisis pangan di tengah mewabahnya virus Corona tersebut Kodim 0510/Trs Jajaran Kodam Jaya/Jayakarta dengan cepat dan tepat melakukan ketahanan pangan dengan menyiapkan lahan yang bekerjasama dengan PT. Agung Sedayu seluas ratusan Hektar tanah yang saat ini sudah ditanam bahkan sudah ada yang panen.

Dandim 0510/Trs Letkol Inf Parada Warta N Tampubolon SH, menyampaikan, untuk ketahanan pangan di tengah Pandemi Covid-19 Kodim 0510/Trs menyiapkan lahan selain untuk tanaman padi sistim tradisional, tanaman padi sistim mekanis, juga menyiapkan tanaman untuk buah-buahan seperti melon, buah madu labu, sayur mayur dan tanaman rumput gajah.

“Kesiapan lahan tersebut dalam rangka untuk membantu Pemerintah baik Pusat dan Daerah dalam melakukan ketahanan swasembada pangan di tengah krisis pangan di tengah mewabahnya virus Covid-19,” ujarnya.

Dandim juga menjelaskan, dalam teknisnya Bintara Pembina Desa (Babinsa) terjun langsung melakukan pendampingan kepada kelompok tani, baik petani sayur mayur, buah-buahan dan petani padi. Pendampingan tersebut untuk menghasilkan produksi yang maksimal.

“Untuk lahan melon, labu dan sayur mayur dan tanaman rumput gajah terletak di Desa Pangkalan Kecamatan Teluknaga Kabupaten Tangerang yang berada di wilayah Koramil 01/Tln Kodim 0510/Trs, Korem 052/Wkr, Kodam Jaya/Jayakarta,” jelasnya.

Dalam mencukupi kebutuhan pangan lanjut Dandim, tantangan yang dihadapi pada masa Pandemi Covid-19 tidak hanya terbatas pada upaya peningkatan produksi tetapi juga harus mempertimbangkan keberlanjutan yang berkaitan dengan kelestarian lingkungan.

“Tantangan ini bisa dijawab dengan memanfaatkan lahan yang belum dimanfaatkan untuk kegiatan per­tanian produktif,” katanya.

Hal ini terlihat seperti yang dilakukan oleh anggota Kodim 0510/Trs bersama masyarakat di Desa Pangkalan Kecamatan Teluknaga Kabupaten Tangerang dalam melaksanakan mulai dari penanaman padi, Sayur mayur dan tanaman buah-buahan.

“Dan saya bersyukur panen perdana buah melon sudah dilakukan Pangdam Jaya/Jayakarta Mayor Jendral TNI Eko Margiyono di dampingi Bupati Tangerang A Zaki Iskandar, juga di hadiri para Pejabat eselon 1 dan 2 dari Jajaran Kementrian Pertanian, warga dan kelompok tani serta warga masyarakat yang hasilnya tidak lain untuk membantu perekonomian masyarakat yang tengah dilanda dampak dari Virus Corona,” jelasnya.

Setelah melakukan panen perdana Horkikultura lanjut Dandim, rombongan juga melakukan peninjauan Posko Han Pangan di areal belakang PT TUM,
dimana saat ini sedang dibangun beberapa instalasi Posko diantaranya, gedung lumbung, ruang pengeringan padi, gedung pembibitan, ruang penyimpanan benih, gudang penyimpanan hasil panen dan Hall Alsintan untuk parkir alat dan perlengkapan mekanis serta alat berat.(*/02).

Check Also

Gubernur WH : Pejabat Pemprov Banten Harus Menjiwai Semangat Para Sultan Banten

Serang, Fixsnews.co.id- Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) berharap para pejabat Pemerintah Provinsi Banten yang saat …