oleh

Gelar Rakor, Polrestro Tangerang Kota Siapkan Skema Pengamanan Perayaan Imlek 2023

KOTA TANGERANG,Fixsnews.co.id- Rapat koordinasi (Rakor) internal persiapan pengamanan perayaan tahun baru cina 2023 atau Imlek 2574, digelar di ruang Rupatama Mapolres Metro Tangerang Kota, Jumat (20/1/2023).

Sebelumnya, dilakukan rapat koordinasi (Rakor) bersama Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Hendro Pandowo melalui zoom meeting terkait arahan pengamanan Imlek 2023 kepada Polres jajaran.

Fokus pengamanan bakal dilakukan pada perayaan Imlek tahun ini dan pelaksanaan peribadatan yang dilaksanakan mulai Sabtu 21 Januari dan Minggu, 22 Januari 2023.

Rapat tersebut di pimpin langsung Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho bersama Wakapolres AKBP Bambang Yudhantara Salamun beserta para pejabat utama (PJU) dan Kapolsek Jajaran.

“Guna menjaga kondusifitas serta keamanan perayaan tahun baru Imlek, Polres Metro Tangerang kota bersama TNI, pemerintah daerah dan mitra polri, kita siagakan sebanyak 813 personil,” papar Kapolres dalam keterangan tertulisnya.

Menurutnya, pengecekan dan komunikasi terhadap ratusan personil gabungan yang bertugas dilakukan sebelum pelaksanaan pengamanan. Zain menekankan pengamanan wajib dilaksanakan personil TNI – Polri secara persuasif dan humanis.

“Personil saya minta untuk selalu waspada terhadap segala potensi gangguan terkecil, laksanakan pengamanan secara humanis,” papar Zain.

Kapolres menambahkan, pihaknya pun telah melakukan assessment kepada panitia peribadatan di Vihara maupun klenteng, termasuk pengerahan tim penjinak bom (Jibom) Gegana Polda Metro Jaya guna melakukan sterilisasi di beberapa Vihara yang dianggap rawan gangguan.

“Kita juga menerjunkan Jibom untuk melakukan sterilisasi, melalui panitia kita lakukan koordinasi mulai dari skema parkir, alur keluar dan masuk Jamaat, hingga pembatasan jumlah Jamaat diatur secara bergelombang agar tidak terjadi penumpukan,” urainya.

Diakhir keterangannya, Kombes Zain Dwi Nugroho mengharapkan peran serta seluruh masyarakat untuk dapat menjaga kerukunan dan kondusifitas wilayah, membantu TNI-Polri menciptakan suasana yang aman dan nyaman pada perayaan Imlek 2574 ini.

“Supaya pelaksanaan perayaan Imlek di Tangerang dapat berjalan dengan baik,” tutupnya.(Teguh)