Gelar Workshop, Dinkes Tangsel Promosi Kesehatan Dalam Implementasi Transformasi Sistem Kesehatan

Tangsel,Fixsnews.co.id- – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar kegiatan workshop promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat di Gedung Graha Widya Bakti Puspiptek, Serpong, Kamis (31/8/2023).

Kegiatan yang bertema “Membumikan Promosi Kesehatan dalam Implementasi Transformasi Sistem Kesehatan di Kota Tangerang Selatan” dibuka oleh Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie.

Benyamin Davnie mengatakan, promosi kesehatan penting untuk membentuk perilaku hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan masyarakat yang sehat ditengah berbagai masalah kesehatan yang semakin kompleks.

“Salah satu strategi promosi kesehatan yang dilakukan Pemkot Tangsel dengan memberdayakan 6000 kader kesehatan yang berkunjung ke keluarga-keluarga di Tangerang Selatan sehingga dapat mempromosikan dan mengedukasi soal kesehatan. Isunya saat ini soal udara, kesehatan lingkungan, ISPA dan sebagainya,” katanya.

Benyamin memaparkan, kegiatan workshop promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat penting dilaksanakan agar mengetahui berbagai informasi kesehatan.

“Peran kader kesehatan di Tangsel sungguh luar biasa. Itu sudah dibuktikan saat penanganan Covid-19 yang cepat. Tugas kader saat itu bisa memberi tahu ke warga bagaimana biar tidak terkena Covid-19 dan turun untuk sosialisasi pake masker yang benar,” paparnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan dr. Allin Hendalin Mahdaniar, MKM dalam sambutannya mengatakan, acara kegiatan workshop promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat merupakan langkah nyata dalam perjalanan kita menuju sistem kesehatan yang lebih baik, lebih inklusif, dan lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

“Seperti yang kita semua sadari, transformasi sistem kesehatan bukanlah perkara yang sederhana. Ia melibatkan banyak aspek, mulai dari infrastruktur fisik hingga pola pikir dan perilaku kita. Namun, dalam perubahan besar ini, kita tidak boleh melupakan aspek paling berharga dari sistem kesehatan, yaitu manusianya. Kita semua, dari masyarakat umum hingga para profesional kesehatan, memiliki peran penting dalam merangkul perubahan ini,” katanya.

Allin menuturkan, promosi kesehatan menjadi pilar utama dalam perubahan ini. Membumikan promosi kesehatan artinya membawa pesan-pesan tentang gaya hidup sehat, pencegahan penyakit, dan pentingnya kesejahteraan fisik dan mental ke dalam setiap lapisan masyarakat. Ini adalah tugas yang memerlukan kerja sama dan dedikasi dari kita semua. Acara hari ini tidak hanya tentang mendengarkan presentasi dan mengikuti workshop, tetapi juga tentang membangun kesadaran dan tanggung jawab kita sebagai individu dan anggota masyarakat. Setiap tindakan kecil yang kita lakukan, setiap keputusan untuk mengutamakan kesehatan, dapat berdampak besar dalam jangka panjang.

‘Mari kita jadikan acara ini sebagai langkah awal yang bermakna dalam perjalanan kita menuju transformasi sistem kesehatan yang lebih baik. Mari kita bergandengan tangan dalam membangun masyarakat yang lebih sehat, lebih sadar akan kesehatan, dan lebih siap menghadapi tantangan masa depan, ” tuturnya.(ADV)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan