Gubernur WH : Pejabat Pemprov Banten Harus Menjiwai Semangat Para Sultan Banten

Serang, Fixsnews.co.id- Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) berharap para pejabat Pemerintah Provinsi Banten yang saat ini mengenakan pakaian khas Banten untuk menjiwai semangat para Sultan Banten. Semangat membangun dan mensejahterakan Banten. Hal itu diungkap Gubernur WH saat memberikan sambutan dalam Upacara HUT ke-21 Provinsi Banten di lapangan Sekretariat Daerah Provinsi Banten, KP3B Curug, Kota Serang, Senin (4/10/2021). Upacara diikuti oleh Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, Plt Sekretaris Daerah Muhtarom serta para pejabat eselon 2 dan 3 di lingkungan Provinsi Banten.

“Upacara dengan memakai baju Kesultanan Banten ini sebagai wujud rasa hormat terhadap Sultan pertama Kesultanan Banten, Sultan Maulana Hasanuddin yang telah membangun Banten,” ucap Gubernur WH.

“Baju ini merupakan baju resmi kerajaan yang diakui oleh negara Indonesia, bahkan dunia.
Menggunakan baju ini adalah sebagai harapan agar kita menjadi sultan-sultan yang terus amanah untuk memajukan rakyat, membebaskan mereka dari penderitaan,” tambahnya.

Dalam kegiatan ini juga ditampilkan Rampak Bedug sebagai budaya kesenian lokal masyarakat Banten dari Sanggar Pamanah Rasa, Kaduhejo, Kabupaten Pandeglang. Menampilkan tarian Rampag Bedug Gembrung Alastri yang di dalam gerakannya syarat akan makna berlomba-lomba dalam kebaikan.

Rampak Bedug merupakan sebuah kesenian dengan menggunakan beberapa alat tabuh bedug yang dimainkan secara serempak sehingga menghasilkan suara khas yang enak didengar.(red)