HUT Kabupaten Tangerang Ke-389, Pemda Gelar Acara GERBANG MAPAN Menuju Pesisir Sejahtera

Tangerang, Fixsnews.co.id– Dalam rangka peringatan HUT Kabupaten Tangerang ke-389, Pemerintah Kabupaten Tangerang menggelar acara GERBANG MAPAN menuju Pesisir Sejahtera. Acara tersebut digelar di Ketapang Aquaculture Kecamatan Mauk, Rabu (13/10/2021).

Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar mengatakan, hari ini kami mengunjungi Desa Ketapang kawasan Aquaculture. Ini merupakan rangkaian dari peringatan HUT Kab. Tangerang yang ke-389 tahun pelaksanaannya digelar secara sederhana dengan mengusung tema “GERBANG MAPAN Menuju Pesisir Sejahtera”

Program GERBANG MAPAN (Gerakan Membangun Masyarakat Pantai), ini bisa dilihat bukan saja untuk penataan kawasan pemukiman yang kita bangun dengan sanitasinya tapi juga untuk perekoniman masyarakat termasuk konversasi lingkungan, dimana di sini juga ada tempat untuk penyemaian, pembibitan dan pembesaran dari magrove-magrove yang ada, begitu juga dengan tambak ikan dan udang.

Lanjutnya ke depan, ini masih ada satu tahun lagi program bersama kita sampai 2022 untuk pembangunan pusat pusat perekonomiannya selain kawasan perumahan pemukiman nanti juga akan dibangun pasar ikan, tempat kuliner dan koperasi yang sudah berjalan akan kita kembangkan.

“Mudah mudahan ini menjadi percontohan dari program Gerbang Mapan yang seutuhnya, karena di Gerbang Mapan Aquaculture Ketapang Mauk ini masyarakatnya dilakukan pemberdayaan dan juga pembangunan secara layak seperti, pembangunan rumah layak huni bagi nelayan, dan warga sekitar, kawasan konservasi hutan mangrove, kawasan pembibitan dan budidaya udang vaname dan ikan, kawasan wisata, jadi masyarakat bisa memanfaatkan banyak dari pembangunan di Ketapang ini,” ungkapnya.

Sementara itu Soma Atmadja selaku Ketua Pelaksana HUT Kab. Tangerang ke 389 mengungkapkan, Gerbang Mapan Menuju Pesisir Sejahtera merupakan momentum kebangkitan upaya pemulihan ekomoni masyarakat pesisir, pada kesempatan yang berbahagia ini kami juga menyampaikan hasil pembangunan di wilayah pesisir dan program gerakan pembangun masyarakat pantai dan berharap hasil pembangunan ini mampu meningkatkan ekonomi masyarakat pesisir lebih sejahtera.

Menurutnya selain pembangunan sarana dan prasana infrakstuktur diantaranya saluran air, jalan, sepiteng komunal, sarana air bersih, pengembangan jaringan air minum, bedah rumah yang sudah disaksikan oleh Bupati, pembangunan unit rumah baru wilayah. pendiran koperasi ketapang sejahtera, bantuan sarana dan prasana pengolahan dan perikanan.

“Dengan momentum peringatan Hut Kab.Tangerang ke-389 dan dengan adanya program Gerbang Mapan menuju pesisir yang lebih sejahtera ini bisa meningkatkan kembali perekonomian masyarakat Kab. Tangerang, khususnya, di wilayah Ketapang Mauk,” katanya Soma.

Adapun rangkaian acara gerbang mapan menuju pesisir sejahtera tersebut diantaranya penyerahan bantuan bagi warga sekitar seperti nelayan dan pelaku usaha UMKM di wilayah sekitar, panen udang vaname, peninjauan kawasan konservasi hutan mangrove peninjauan rumah layak huni dan peninjauan tempat pelelangan ikan serta dermaga kapal nelayan.(hms/Len)