HUT Ke-38 Ditengah Pandemi, Bamus Betawi Tetap Peduli Mempromosikan Tarian Nusantara dan Gelar PSBB

Nasional171 views

JAKARTA, FIXsnews- Ketua Umum Betawi Bangkit H. David Darmawan saat ditemui membeberkan kegiatan dan rencana Bamus Betawi dalam rangka memperingati hari ulang tahunnya (HUT) yang ke-38.

Ketua Umum Betawi Bangkit H. David menjelaskan tentang asal muasal berdirinya Bamus Betawi, yang mana
Betawi Bangkit yang bernaung dibawah organisasi Bamus (Badan Musyawarah) Betawi Tulen yang diketuai H. Oding, dengan Sekjennya H. Moh. Ihsan, Sekretaris Majelis Adat kami Kyai Lutfi (imam besar FBR) dengan Ketua Majelis Adat kami mayjend (purn) Kong H. Eddy Nalapraya.

“Sejak berdiri 1982 hingga saat ini telah banyak dinamika dan warna yang di jalani Bamus Betawi sebagai wadah sentral organisasi dan masyarakat Betawi”, kata H. David Darmawan di kantor Sekretariat Khusus DPP FORKABI. Jl. Raya Kebon Jeruk No. 40 B Rt. 08 Rw. 05 Batusari Kebon Jeruk – Jakarta Barat, Kamis (4/6/2020).

Ditempat yang sama Bang DR. H. Azis Kafia, yang menjabat sebagai Wakil Ketua Umum BAMUS Betawi mengatakan pada bulan Juni merupakan Bulan Pancasila, Bulan Jakarta dan Bulan Bamus Betawi, jadi memasuki bulan Juni 2020 itu Bamus Betawi dibawah komando H. Zaenudin atau Bang H. Oding terus berbenah dan berinovasi, terlebih ditengah pandemi covid19, beberapa kegiatan telah kita laksanakan diantaranya menggelar aksi bhakti sosial se-Jabodetabek serta kerja bareng pimpinan MPR RI di lima wilayah Kota.

“Kali ini Bamus Betawi tengah mempersiapkan PSBB lanjutan, PSBB yang dimaksud adalah Pentas Seni Budaya Betawi Se-Jabodetabek, ujarnya.

Lebih lanjut bang David selaku Ketua Umum Betawi Bangkit dan juga ditunjuk sebagai koordinator acara PSBB menyampaikan meski dalam suasana Pandemi covid-19, penggiat seni dan budaya harus tetap berkreasi, karenanya Bamus Betawi mendorong kepada pemerintah daerah se- Jabodetabek untuk lebih getol dan gigih memahami kearifan lokal (local wisdom) dan tentunya pada pelaksanaan PSBB nanti tetap kita melaksanakan standar protokol kesehatan sesuai aturan yang ditetapkan oleh pemerintah dan WHO dalam rangka pencegahan penularan dan pemutusan rantai covid-19.

“Itupun juga kita bahas ketika melakukan rapat pleno Bamus Betawi secara online pada Rabu, 3 Juni 2020 kemarin, kami membahas beberapa agenda dalam rangkaian milad Bamus Betawi ke-38, dalam hasil rapat tersebut agenda kedepan diselain menggelar Pagelaran Seni Budaya Betawi, Bamus juga akan menyelenggarakan PSBB (Pesan Spiritual BAMUS BETAWI) berupa kajian ruhani dari para Ulama Betawi dan generasi penerusnya yang akan di komandoi oleh KH. Ibnu Mulkan yang bertanggung jawab selaku Ketum IMANI (Inovasi Mubaligh Nurul Ibad Indonesia) yang juga selaku Rois Suriah PCNU Jaktim dan terlebih lagi Pengasuh Ponpes Nurul Ibad, Lubang Buaya-Jaktim”, katanya.

BAMUS Betawi 1982 juga akan melaunching beberapa Buku tentang Kebetawian serta membedahnya. Disamping Diskusi dan bedah buku Bamus Betawi juga akan terus meningkatkan peran Bamus Betawi Rescue (BBR) yang telah melakukan bedah rumah dan posko tanggap bencana. Serta masih segudang agenda di bulan Juni hingga Agustus mendatang, demikian ditegaskan Bang H. Oding saat rapat kemarin.

“Pada hari Sabtu yang lalu tanggal 30 Mei 2020 Betawi Bangkit juga telah mengadakan acara Nusantara Dance Goes Virtual (Informasi Kesenian secara digital),” katanya.

Lanjut Ketua Umum Betawi Bangkit H. David Darmawan, dengan melalui acara Nusantara Dance Goes Virtual ini kita dapat mempromosikan seni tari Nusantara kepada seluruh dunia agar kesenian Nusantara Khususnya Tarian dari berbagai daerah dapat lebih dikenal baik di negeri sendiri maupun di manca negara, apalagi dimasa pandemi Covid-19 ini, kami betawi bangkit secara total mengurangi kegiatan yang bersifat berkumpul sesuai arahan pemerintah, jadi dengan melakukan kegiatan Virtual seperti inilah kita bisa mengisi kegiatan secara positif.

Acara Nusantara Dance Goes Virtual yang di gelar di Ritz Carlton Residence, Jakarta Selatan sabtu kemarin, menampilkan beberapa kesenian tari dari beberapa daerah diantaranya Tari kesenian Betawi, Tari Kesenian Papua, Tari Kesenian Sulawesi dan berbagai macam tarian lainnya.

Lebih lanjut Ketua Umum Betawi Bangkit H. David Darmawan mengatakan,”tujuan diadakan kegiatan semacam ini adalah untuk memberikan semangat kepada para pencinta seni, para Ketua sanggar dan para penari, agar tetap semangat dan terus eksis berkarya memberikan yang terbaik kepada para penikmat seni lainnya baik di dalam negeri maupun diluar negeri melalui kegiatan secara Virtual.

”Kegiatan Virtual ini juga merupakan langkah awal untuk pelaksanaan event online yg lebih besar lagi, kedepannya kita akan melaksanakan kembali event ini melalui Bamus Betawi Tulen yang akan di prakarsai bersama-sama dengan saya sendiri sebagai Ketua Umum Betawi Bangkit dan Wakil Bendahara Bamus Betawi Tulen, Insya Allah rencana Saya juga akan membawa kembali kesenian tari nusantara ke manca negara seperti the next world expo di Dubay, bila masa Pandemi Covid-19 ini sudah berakhir,” terang David.

Walaupun di kondisi saat ini yang sangat menguras tenaga dan pikiran karena adanya pandemi covid-19, namun kita harus tetap dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan yang positif seperti yang kita laksanakan Sabtu kemarin acara Nusantara Dance Goes Virtual
sehingga dapat mengangkat seni budaya dengan menggunakan teknologi informatika,
tak lupa kegiatan ini juga merupakan salah satu program CSR perusahaan kami yaitu PT. Socentix.

Ketua Umum Betawi Bangkit yang selalu menjungjung slogannya; Betawi for All! All for Betawi ini juga berharap kedepannya kesenian tari Nusantara khususnya kesenian Betawi lebih dikenal dan dicintai oleh para kaum muda milenial serta lebih baik lagi seni tari yang kita tampilkan dapat pengakuan yang baik dari kalangan penikmat seni tari dari dalam negeri dan manca negara.(*)