Isi Kekosongan Perangkat Desa Pemdes Gembleb Adakan Ujian Perangkat Desa

Trenggalek, Jawa Timur,Fixsnews.co.id – Kegiatan pelaksanaan ujian perangkat Desa Gembleb, Kecamatan Pogalan, Kabupaten Trenggalek berjalan lancar. Tiga formasi perangkat, yakni unsur Kasi Pemerintahan, Kaur Umum, dan Kaur Perencanaan telah ditetapkan berdasarkan nilai atau rangking tertinggi.

Ketua Panitia Ujian perangkat Desa Gembleb, H. Mahsunuddin mengatakan, dirinya meminta masyarakat turut mengawasi jalannya kegiatan ujian dari awal sampai akhir.

“Jangan sampai, hanya karena curiga nanti kita dituduh bermain. Siapapun yang jadi itu memang karena nilainya yang paling bagus dan tertinggi, tidak ada pengaturan,” kata H. Mahaunuddin di depan teras salah satu ruang kelas SMKN I Pogalan, Sabtu (7/1/2023).

Sebagai ketua panitia yang mengadakan penjaringan dan penyaringan perangkat, dirinya mengaku selalu mengingatkan agar selalu melaksanakan tahapan dengan benar dan transparansi.

“Panitia juga sudah menjamin bahwa pelaksanaan ujian akan berjalan sesuai dengan mekanisme dan tahapan yang ditetapkan,” ujarnya.

Tidak hanya diawasi masyarakat, ujian perangkat desa ini, menurut H. Mahsunuddin juga melibatkan pihak kepolisian, Koramil, dan Kecamatan Pogalan. “Mulai datang, kita segel bersama di depan seluruh peserta kemudian kita amankan bersama pihak Polsek Pogalan sebelum ujian dilaksanakan hari ini,” ungkapnya.

Semua mekanisme dan teknis ujian yang diselenggarakan. “Para peserta mempunya hak dan kedudukan yang sama, sehingga tidak ada yang dapat melakukan upaya pengaturan,” kata H. Mahsunuddin dalam keterangannya di depan masyarakat, awak media dan LSM yang hadir memberikan pemantauan.

Lanjutnya, mulai penerimaan soal dari pihak perguruan tinggi para peserta menyaksikan dan membuat berita acara yang ditandatangani. Hal serupa juga saat ujian dilakukan, tiap lembar jawaban juga ditanda tangani semua peserta. Hal ini dilakukan agar lembar jawaban tidak dapat ditukar oleh pihak yang ingin berbuat curang terhadap pelaksanaan ujian ini.

Adapun peserta ujian Kasi Pemerintahan, yaitu Fajar Jefri Ardana, Pradana Aji Sayoga, Sunatul Karimah, dan Lutfi Mardian Ali. Untuk peserta ujian Kaur Umum adalah Dina Rukmawati, Inuu driana Lestari, Erwina Safitri, dan Reza Afifi. Sedangkan peserta untuk ujian Kaur Perencanaan, yaitu Sitl Hadidhah Hanifah dan Suyanto. Satu peserta tidak hadir tanpa alasan dan di berikan tenggat atau batas waktu oleh panitia selama 15 menit sebelum kegiatan ujian di mulai adalah atas nama Lutfi Mardian Ali.

Sejak mulai ujian, hingga akhir, pelaksanaan berjalan aman dan lancar, tanpa ada keberatan dari peserta. Setelah selesai ujian tulis dan wawancara, maka di bacakan hasil ujian. Kasi Pemerintahan, Fajar. Kaur Umum, Indriana, dan Kaur Perencanaan, Suyanto.

Setelah dibacakan hasil ujian, di adakan penandatanganan oleh peserta di hadapan Ketua Pantia Ujian.

Tampak BKTM, Babinsa, Satpol PP Kecamatan Pogalan, Kepala Desa Gembleb beserta Perangkat Desa Gembleb, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Gembleb beserta anggotanys, dan Lembaga Desa Gembleb, menyaksikan penandatangan hasil ujian.

“Tanggal 17 Januari 2023 akan di adakan pelantikan, bertempat di Pendopo Balai Desa Gembleb,” tandas H. Mahsunuddin, kepada awak media.(bud)