Jalur Semarang Tawang–Alastua Ditutup Hingga Aman, KAI Lakukan Penyesuaian Operasional dan 16 Kereta Dibatalkan

oleh

Caption: PT Kereta Api Indonesia (KAI) menghentikan sementara lintas antara Stasiun Semarang Tawang dan Stasiun Alastua akibat genangan air hingga +19 cm. 16 perjalanan dibatalkan dan penumpang berhak refund 100%. Pelayanan terus dipantau 24 jam lewat Daop 4 Semarang.

Semarang,Fixsnews.co.id– PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyampaikan bahwa hingga Rabu (29/10/2025) sore, lintas antara Stasiun Semarang Tawang (SMT) dan Stasiun Alastua (ATA) masih belum dapat dilalui kereta api akibat genangan air yang terjadi sejak Selasa malam. Pada pemantauan pukul 13.45 WIB di KM 2+3 hingga KM 3+0, ketinggian air tercatat sebesar +16 cm di jalur hulu dan +19 cm di jalur hilir dari kepala rel.

Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, mengatakan bahwa KAI bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) dan Balai Teknik Perkeretaapian Kelas 1 Semarang (BTP Semarang) melakukan penanganan terpadu: pemompaan air, pembersihan saluran, serta pengecekan kestabilan bantalan rel. “Keselamatan perjalanan adalah prioritas utama KAI. Untuk itu, lintas Semarang Tawang–Alastua masih kami tutup sementara hingga kondisi benar-benar aman untuk dilalui kereta api.” ujar Anne.

Sebagai konsekuensi operasional, KAI Daop 4 Semarang membatalkan dan mengubah relasi sejumlah perjalanan kereta api. Hingga 29 Oktober2025 pukul 11.30 WIB, sebanyak 16 kereta dibatalkan sementara, antara lain: KA 496 (Semarang Poncol–Ngrombo), KA 495 (Ngrombo–Semarang Poncol), KA 268 (Semarang Tawang–Solo Balapan), dan lainnya.

Selain pembatalan, beberapa perjalanan dialihkan rutenya, seperti KA 1 (Argo Bromo Anggrek) rute Surabaya Pasarturi–Gambir, yang kini melewati jalur Surabaya Gubeng–Madiun–Solo Balapan–Cirebon–Gambir.

KA yang dibatalkan sementara yaitu :

1. KA Kedung Sepur (KA 496) relasi Semarang Poncol – Ngrombo

2. KA Kedung Sepur (KA 495) relasi Ngrombo – Semarang Poncol

3. KA Banyubiru (KA 268) relasi Semarang Tawang – Solo Balapan

4. KA Banyubiru (KA 267) relasi Solo Balapan – Semarang Tawang

5. KA Blora Jaya (KA 261) relasi Alastua – Semarang Poncol

6. KA Ambarawa Ekspres (KA 266) relasi Semarang Poncol – Alastua

7. KA Joglosemarkerto (KA 187) relasi Solobalapan – Semarang Tawang (Semarang Tawang – Tegal – Purwokerto tetap jalan).

8. KA Ambarawa (KA 263) relasi Alastua – Semarang Tawang

9. KA Ambarawa Ekspres (KA 264) relasi Semarang Tawang – Alastua

10. KA Kedung Sepur (KA 498) relasi Semarang Poncol – Ngrombo

11. KA Kedung Sepur (KA 497) relasi Ngrombo – Semarang Tawang

12. KA Joglosemarkerto (KA 192) relasi Semarang Tawang – Solo Balapan

13. KA Joglosemarkerto (KA 186) relasi Semarang Tawang – Solo Balapan

14. KA Joglosemarkerto (KA 189) relasi Alastua – Semarang Tawang

15. KA Ambarawa Ekspres (KA 265) relasi Alastua – Semarang Poncol

16. KA Blora Jaya (KA 262) relasi Semarang Poncol – Alastua

Adapun perjalanan yang diubah relasinya yaitu :

1. KA Argo Bromo Anggrek (KA 1) relasi Surabaya Pasarturi – Gambir dialihkan melewati Surabaya Pasarturi – Surabaya Gubeng – Madiun – Solobalapan – Cirebon – Gambir.

2. KA Argo Bromo Anggrek (KA 2) relasi Gambir – Surabaya Pasarturi di alihkan melewati Gambir – Cirebon – Solobalapan – Surabaya Gubeng – Surabaya Pasarturi.

3. KA Matarmaja (KA 269) relasi Malang – Pasarsenen dialihkan melewati Malang – Solobalapan – Kutoarjo – Purwokert – Cirebon Prujakan – Pasarsenen.

4. KA Airlangga (KA 272) relasi Pasarsenen – Surabaya Pasarturi dialihkan melewati Pasarsenen – Cirebon Prujakan – Purwokerto – Kutoarjo – Solobalapan – Gundih – Gambringan – Surabaya Pasarturi.

5. KA Airlangga (KA 271) relasi Surabaya Pasarturi – Pasarsenen dialihkan melewati Surabaya Pasarturi – Gambringan – Gundih – Solobalapan – Kutoarjo – Purwokerto – Cirebon Prujakan – Pasarsenen.

6. KA Sembrani (KA 40) relasi Gambir – Surabaya Pasarturi dialihkan melewati Gambir – Cirebon – Purwokerto -Slobalapan – Madiun – Surabaya Gubeng – Surabaya Pasartur.

Untuk pelanggannya, KAI memberikan pengembalian tiket 100 persen (tidak termasuk bea pesan) bagi yang pembatalan perjalanan. Pengajuan refund dapat dilakukan di loket stasiun atau melalui Contact Center 121, maksimal H+7 dari tanggal keberangkatan.

Sejak Selasa malam, KAI bersama BTP Semarang telah menurunkan petugas teknis dan peralatan pompa air, menyiapkan lokomotif bantuan seperti BB 304 dan CC 300 untuk mendukung proses penanganan lapangan. Pemantauan kondisi ketinggian air dilakukan secara intensif selama 24 jam untuk memastikan keamanan lintas sebelum kembali dibuka.

“Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan para pelanggan. KAI berterima kasih atas kesabaran dan pengertian masyarakat. Seluruh jajaran saat ini terus berupaya maksimal agar kondisi lintas segera pulih dan pelayanan dapat kembali normal,” tutup Anne.

KAI mengimbau pelanggan untuk selalu memperbarui informasi perjalanan via Contact Center 121, WhatsApp 0811-222-33-121, email cs@kai.id
, serta akun media sosial resmi @KAI121 di Instagram, X dan Facebook.(Ben)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *