Jelang Akhir Tahun, Harga Pangan di Tangsel Naik

Tangsel Fixsnews.co.id- Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Pilar Saga Ichsan melakukan sidak di Pasar Serpong dan Pasar Modern BSD, Serpong.

“Sidak ini bertujuan untuk memastikan harga pangan menjelang tahun baru. Yang mana memang biasanya, mengalami kenaikan yang signifikan, seperti apa yang diinformasikan dan diadukan oleh masyarakat,” ungkap Pilar saat dimintai keterangan usai melakukan sidak di dua lokasi yakni Pasar Serpong dan Pasar Modern, Kamis (23/12).

“Jadi saya beserta jajaran menemukan beberapa harga pangan naik, yang signifikan adalah cabai mercon (cabai rawit domba),” tambahnya.

Lanjutnya menerangkan, adapun bahan pokok yang mengalami kenaikkan akibat kelangkaan adalah cabai rawit domba, cabai keriting, minyak sayur, daging ayam, beras curah dan telur. Sementara beberapa bahan pokok lainnya juga mengalami kenaikan, namun masih terjangkau.

Pilar mengakui hal ini memang sering terjadi akibat curah hujan yang meningkat diakhir tahun dan menyebabkan petani mengalami kegagalan dalam panen, sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan pasar.

Karena itu, pemerintah perlu turun untuk mengetahui apa saja faktor yang menyebabkan harga pangan naik, sehingga pemerintah bisa menciptakan kebijakan yang mampu membuat harga pangan tetap stabil sehingga bisa memenuhi kebutuhan masyarakat.

Dan diketahui bahwa kenaikan harga ini diakibatkan adanya kenaikan yang dipatok oleh penyuplai, sehingga mau tidak mau pedagang harus menaikkan harga bahan makanan tersebut. Dengan fakta ini, pemerintah akan berusaha membuat kebijakan, menyiapkan setok bahan tersebut agar nantinya harga tetap bisa stabil.

Perlu diketahui untuk cabai mercon Rp. 120 ribu per kilo mengalami kenaikan per harinya Rp. 10 ribu, cabe rawit Rp. 90 ribu biasanya Rp. 30 ribu, bawang merah Rp. 35 ribu, bawang putih Rp. 32 ribu.

Daging Rp. 90 ribu, ayam Rp. 35 ribu yang sebelumnya Rp. 30 ribu, minyak Rp. 42 ribu. (Ben)