Fixsnews.co.id- Libur panjang Idul Adha usai, PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengimbau seluruh penumpang untuk lebih waspada terhadap barang bawaan mereka. Imbauan ini muncul seiring dengan lonjakan penumpang selama periode libur dan cuti bersama 5-9 Juni 2025.
KAI mencatat, dari Januari hingga Mei 2025, petugas telah menemukan 5.051 barang tertinggal milik penumpang! Nilai total barang-barang tersebut mencapai Rp5,9 miliar, termasuk barang berharga seperti ponsel, laptop, dompet, perhiasan, dan dokumen penting.
“Temuan ini menunjukkan betapa padatnya mobilitas penumpang. Seringkali, di tengah keramaian dan kelelahan, penumpang lupa memeriksa kembali barang bawaannya sebelum turun,” ujar Vice President Public Relations KAI, Anne Purba.
Tips Aman dari KAI
Periksa Kembali: Selalu pastikan Anda memeriksa kembali seluruh barang bawaan sebelum turun dari kereta.
Simpan di Tempat Aman: Letakkan barang berharga di tempat yang mudah diawasi dan sulit dijangkau orang lain.
Laporkan Segera: Jika Anda merasa kehilangan barang, segera hubungi Contact Center KAI 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau datangi loket layanan pelanggan di stasiun terdekat.
KAI berkomitmen untuk membantu penumpang yang kehilangan barang. Proses pengambilan barang yang sesuai dengan data dan ciri-ciri yang dilaporkan tidak akan dikenakan biaya.
Penjualan Tiket Tembus Rekor
Lonjakan penumpang selama libur panjang Idul Adha juga tercermin dari penjualan tiket yang mencapai 931.119 tiket, melampaui kapasitas yang tersedia. Pada puncak arus balik, Senin (9/6), penjualan tiket mencapai 197.183 kursi atau 115% dari kapasitas.
“Mobilitas yang tinggi ini menunjukkan kepercayaan pelanggan terhadap layanan KAI. Namun, kami tetap mengingatkan agar pelanggan tidak meninggalkan barang bawaan, demi keselamatan dan kenyamanan bersama,” tutup Anne.(Ben)