Fixsnews.co.id-Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo, melakukan peninjauan terhadap layanan penumpang Commuter Line di Stasiun Manggarai dan pelaksanaan layanan disabilitas di Stasiun Juanda pada Senin, 17 Februari 2025. Kunjungan ini merupakan bagian dari komitmen KAI untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan menciptakan lingkungan yang inklusif bagi seluruh pengguna jasa kereta api, termasuk penyandang disabilitas.
Dalam kunjungannya, Didiek Hartantyo meninjau pelaksanaan Kartu Disabilitas yang baru diluncurkan oleh KAI Commuter. Kartu ini berfungsi sebagai identitas penyandang disabilitas sekaligus Kartu Multi Trip (KMT) untuk pembayaran tiket Commuter Line.
“KAI, melalui KAI Commuter, menyadari adanya peningkatan signifikan dalam jumlah penumpang disabilitas yang memanfaatkan layanan Commuter Line. Mereka harus terlayani dengan baik. Kartu Disabilitas ini adalah salah satu wujud nyata dari upaya kami untuk menciptakan ekosistem transportasi yang lebih inklusif,” ujar Didiek.
Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, menjelaskan bahwa peluncuran Kartu Disabilitas ini merupakan respons terhadap masukan dari berbagai pihak, terutama dari kalangan disabilitas yang aktif menggunakan Commuter Line. “Kebutuhan pengguna disabilitas yang beragam dapat terfasilitasi dengan adanya Kartu Disabilitas ini agar lebih menjadi prioritas dan tidak luput dari pantauan sesama penumpang serta petugas,” tambah Anne.
Anne juga menekankan bahwa peningkatan layanan ini sesuai dengan Undang-Undang No. 8 Tahun 2016 Pasal 18 tentang penyandang disabilitas serta Standar Pelayanan Minimum (SPM) yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri. “Kami berharap Commuter Line lebih aksesibel bagi semua kalangan, termasuk penumpang disabilitas, sehingga mereka bisa leluasa bepergian,” tambahnya.
Kartu Disabilitas dapat diperoleh dengan mendaftar secara online melalui tautan https://shorturl.at/YSm6d. Proses pengambilan kartu dapat dilakukan di beberapa stasiun yang telah ditentukan.
Sebelumnya, KAI Commuter juga telah meluncurkan layanan khusus disabilitas melalui nomor 081296605747 yang sudah ada sejak akhir tahun 2019. Dengan menghubungi nomor tersebut, pengguna disabilitas dapat meminta bantuan petugas stasiun saat akan naik menggunakan Commuter Line.
Sepanjang tahun 2024, tercatat 883 pengguna disabilitas memanfaatkan fasilitas tersebut, meningkat 19% dibandingkan tahun 2023 yang hanya mencapai 741 pengguna.
“Kami mengimbau seluruh pengguna Commuter Line untuk saling peduli dan memberikan tempat duduk kepada pengguna yang membutuhkan, seperti penyandang disabilitas, ibu hamil, lansia, dan penumpang prioritas lainnya,” imbau Anne Purba.
KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan memberikan pengalaman terbaik bagi seluruh pengguna jasa kereta api.(red)