Komunitas UMKM Pasarkemis Gelar Bazar Ramadhan

Kabupaten Tangerang,Fixsnews.co.id – Komunitas Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Pasarkemis di bawah binaan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tangerang, gelar bazar Ramadhan di wilayah Pasarkemis, tepatnya depan Kampung Kuliner di Perumahan Bumi Indah, Desa Sukamantri Kecamatan Pasarkemis, Kabupaten Tangerang.

Koordinator bazar Ramadhan UMKM Pasarkemis, Asih, mengatakan pelaksanaan bazar sudah dimulai dari tanggal 20 Maret dan berakhir tanggal 31 Maret 2024. Bazar UMKM Pasarkemis ini sering dilaksanakan dalam berbagai kesempatan. Tidak hanya saat Ramadhan seperti ini, tapi juga seperti Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus, lomba MTQ dan kegiatan lainnya. Tujuannya untuk memperkenalkan berbagai produk dari anggota UMKM dan juga mendapatkan keuntungan hasil usaha bagi anggotanya.

Untuk tenant yang mengisi bazar berasal dari anggota UMKM yang sudah terdaftar. Jadi diutamakan yang binaan terlebih dahulu. Namun bila masih ada tenda/space yang kosong, bisa dari luar anggota. “Masing-masing desa memiliki kordinator desa (kordes). Kordes mendata anggota di wilayah desa se-Kecamatan Pasarkemis, siapa saja yang mau mengisi bazar Ramadhan. Untuk saat ini ada kurang lebih 20 anggota yang bergabung dalam bazar ini. Namun selama dua hari ini baru 15 anggota yang sudah berjualan,” ungkapnya.

Asih memaparkan, UMKM Pasarkemis mengupayakan agar produk-produk UMKM memiliki legalitas, yaitu izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dan bersetifikat halal. ‘Selain itu anggota juga dibekali bagaimana mengemas produk agar menarik dan memiliki brand atau merk sebagai ciri usaha seseorang. Sehingga nilai jual produk akan meningkat. Selain itu juga untuk lebih meyakinkan konsumen, kalau produk yang dijual itu aman dan bertanggung jawab,” paparnya.

Ditambahkan Asih lagi, untuk UMKM binaan 80% sudah memiliki branding sendiri dan sudah bersertifikat halal. Sementara yang 20% dalam tahap proses dan binaan lebih lagi. Nanti kegiatan ini juga akan diramaikan dengan lomba mewarnai bagi anak-anak, santunan anak yatim, sembako murah yang diselenggarakan dari pihak kecamatan, dan kegiatan-kegiatan lain untuk meramaikan bazar ini.

Ada berbagai produk yang ditawarkan dalam bazar ini, seperti makanan dan minuman, tas, sendal, Sepatu, serta pakaian. Untuk jenis makanan ada kue-kue kering, keripik, kurma coklat, basreng, stik keju yang merupakan produk unggulan Pasarkemis, ketan duran, kolak, gorengan, dan makanan lainnya. Untuk produk minuman ada es teh, es coklat, es campur singkawang, dan yang unik ada minuman kemasan Lelang (Lemon Telang) dan Jael (Jahe Lemon). Untuk produk pakaian ada gamis, blouse, kemeja, jaket dan lain sebagainya dengan harga terjangkau milik Kristiani ketua Komunitas UMKM Kecamatan Pasarkemis.

Renia yang menjaga stand Dekro mengatakan, bahwa pakaian-pakain yang mereka jual merupakan produksi sendiri. “Usaha kami ada di Perumahan Puri Jaya, Desa Sukamatri, Pasarkemis. Produk yang kami produksi tidak kalah dari produk pabrik. Namun harga bersaing.” Ujarnya.

Ditambahkan Renia, pada industri mereka lebih banyak memproduksi pakaian wanita dan anak-anak dengan jenis bahan dan model yang beragam. (Len)