Kwarran Tangerang Rampungkan Pendataan Ulang Gugus Depan se-Kecamatan Tangerang

Tangerang,Fixsnews.co.id- Mengawali tahun 2024, Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Tangerang menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan Pendataan Ulang Gugus Depan, mulai dari tahapan pendaftaran ulang Gugus Depan, verifikasi data, pelatihan pengelolaan Gugus Depan untuk para Pembina, dan pengukuhan kepengurusan Gugus Depan.

Menurut Ketua Kwartir Ranting Tangerang, Megi Primagara, Pendataan Ulang Gugus Depan dilatarbelakangi Kwartir Ranting Tangerang membutuhkan data terbaru mengenai jumlah dan kondisi Gugus Depan pasca Pandemi Covid-19. Hal ini karena Covid-19 telah memberi dampak bagi keaktifan kepramukaan di lembaga pendidikan.

“Secara tertulis ada 144 Gugus Depan di wilayah Kecamatan Tangerang namun pandemi Covid-19 memberi dampak bagi kegiatan kepramukaan. Pendataan Ulang Gugus Depan ini bertujuan mendapatkan data terbaru mengenai jumlah dan kondisi Gugus Depan,” kata Megi Primagara dalam keterangan pers yang diterima Fixsnews.co.id, Selasa (30/1/2024).

Megi menjelaskan, kegiatan pendataan ulang dilakukan dalam dua tahap, yaitu pada bulan Desember 2023 dan Januari 2024. Pada pendataan ulang tahap pertama di bulan Desember 2023, ada sekitar 76 Gugus Depan yang melakukan pendaftaran ulang. Sedangkan, pada pendataan ulang tahap kedua di bulan Januari 2024, 17 Gugus Depan melakukan pendaftaran ulang. Sehingga, tercatat ada 93 Gugus Depan yang terdata ulang, terdiri dari 41 Gugus Depan berpangkalan di SD/MI, 27 Gugus Depan berpangkalan di SMP/MTS, dan 24 Gugus Depan berpangkalan di SMA/SMK, Perguruan Tinggi, dan lembaga/komunitas.

“Hasil pendataan ulang cukup bagus karena kita berhasil mendapatkan lebih dari 60 persen,” ujar Megi. “Meski begitu, masih ada kurang lebih 26 Gugus Depan yang belum mendaftar ulang,” tambahnya.

Setelah pendataan ulang, Kwartir Ranting Tangerang memberikan Pelatihan Pengelolaan Gugus Depan kepada para Pembina Gugus Depan dimana mereka diberikan materi mengenai sistem keorganisasian Gugus Depan dan pola pembinaan peserta didik di Gerakan Pramuka mulai dari Golongan Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega. Pembina juga diajak untuk berdiskusi untuk berbagi mengenai kondisi masing-masing Gugus Depan.

Adapun puncak kegiatan ialah dilakukannya pengukuhan bagi kepengurusan Gugus Depan yang telah terdata ulang. Melalui prosesi pengukuhan ini, Kwartir Ranting Tangerang menyerahkan dokumen pengesahan Gugus Depan kepada Pembina Gugus Depan.

Sedangkan bagi Gugus Depan yang belum terdata ulang diharapkan dapat menghubungi Kwartir Ranting Tangerang untuk melakukan pendaftaran ulang.(Ben)