Laksanakan Coklit, KPU Kabupaten Tangerang Kerahkan 8.706 Petugas Pantarlih

Kabupaten Tangerang, Fixsnews.co.id  , Laksanakan pencocokan dan penelitian (Coklit) daftar pemilih untuk Pilkada serentak 27 Nopember 2024,KPU Kabupaten Tangerang Kerahkan 8.706 Petugas Pantarlih.

Menurut keterangan Ketua
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang Muhammad Umar kepada media massa, Jum’at (28/6/2024) pihaknya
berharap masyarakat kooperatif dengan petugas Coklit daftar pemilih untuk Pilkada serentak 27 Nopember 2024 yang mendatangi rumah masing masing pemilih.

Coklit akan dilakukan kepada semua warga yang telah memiliki hak pilih pada Pilkada 27 Nopember 2024, dari mulai dari pemilih pemula yang berusia 17 Tahun pada tanggal 26 November,tokoh lokal, hingga tokoh nasional yang tinggal di Kabupaten Tangerang.

“Semua kalangan kami Coklit, dari warga biasa, artis sampai yang punya tahta, termasuk politisi,” tukasnya.

Muhammad Umar menyatakan, saat ini Coklit di Kabupaten Tangerang tengah berlangsung, mulai 24 Juni hingga berakhir pada 25 Juli 2024. Petugas pemutakhiran daftar pemilih (Pantarlih) diterjunkan ke 274 desa di 29 kecamatan Kabupaten Tangerang dengan sebanyak 4.428 tempat pemungutan suara (TPS).

“Sebanyak 8.706 petugas Pantarlih yang melaksanakan Coklit kepada sebanyak 2.355.184 data pemilih di Kabupaten Tangerang,” imbuh Umar.

Jumlah itu, kata dia, hasil sinkronisasi antara data pemilih terakhir pada Pemilu 2024 dengan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Untuk menyosialisasikan Gerakan Coklit Serentak, lanjut Umar, pihaknya melibatkan berbagai tokoh publik. Mereka diminta ikut mengajak masyarakat untuk menyukseskan pemutakhiran data pemilih Pilkada Serentak tahun 2024 di Kabupaten Tangerang.

“Pelibatan tokoh-tokoh ini berdasarkan usulan dari PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan PPS (Petugas Pemungutan Suara),” jelasnya.

Tujuan dari Gerakan Coklit serentak itu, kata Umar, agar masyarakat lebih paham pentingnya pemutakhiran data pemilih demi Pilkada yang berkualitas.

“Pilkada Kabupaten Tangerang dikatakan sukses dan berkualitas apabila berlangsung lancar dan diikuti oleh jumlah pemilih signifikan datang ke bilik suara untuk menggunakan hak pilihnya,” tegas Ketua KPU Kabupaten Tangerang. (atm)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan