Caption: Warga sambangi mobil pelayanan Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) di pelaksanaan World Walking Day (WWD) 2023 yang berlangsung di Tugu Adipura, Kota Tangerang, Sabtu (7/10/2023).
Tangerang,Fixsnews.co.id- Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang menghadirkan stand pelayanan kependudukan secara gratis kepada masyarakat dalam pelaksanaan World Walking Day (WWD) 2023 yang berlangsung di Tugu Adipura, Kota Tangerang, Sabtu (7/10/2023).
Dalam memperingati WWD yang jatuh pada 1 Oktober, Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) dan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Nasional kembali mengadakan kegiatan gerak jalan serentak di berbagai Kota di Indonesia. Kali ini, Kota Tangerang menjadi tuan rumah pelaksanaan WWD 2023 tingkat Nasional.
Kepala Disdukcapil Kota Tangerang, R Irman Pujahendra mengatakan, Disdukcapil tidak mau ketinggalan dengan membuka stand dan mobil pelayanan dalam pelaksanaan WWD karena berusaha mendekatkan pelayanan kependudukan pada masyarakat. Dirinya berharap dapat dimanfaatkan masyarakat yang disaat hari kerja belum sempat mengurus Dokumen Kependudukan.
“Adapun layanan yang diberikan identitas kependudukan digital, pembuatan KIA dan Akta Kelahiran. Kita hadir untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat Tangerang di hari libur. Semoga layanan ini membantu masyarakat yang tidak mempunyai waktu untuk mengurus data kependudukan dan bermohon informasi ataupun konsultasi tentang Adminduk,” kata Irman.
Irman Pujahendra juga mengimbau masyarakat agar bisa mengikuti anjuran pemerintah tentang pendaftaran identitas kependudukan digital untuk mendorong program nasional.
“Kemajuan teknologi telah memberikan banyak kemudahan sehingga berbagai layanan menjadi efisien, salah satunya Identitas Kependudukan Digital (IKD).
Transformasi digitalisasi dokumen kependudukan yang saat ini digunakan oleh masyarakat ke dalam handphone berupa QR Code. Yang memuat data keluarga dan dokumen kependudukan serta informasi yang sudah terintegrasi dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK).
Apalagi aplikasi tersebut tidak berbayar dan untuk masyarakat yang mendaftar, kami (petugas Dukcapil-red) siap membantu,” kata Irman.
IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL
Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 72 Tahun 2022 tentang Standar dan Spesifikasi Perangkat Keras, Perangkat Lunak, dan Blangko KTP-El serta Penyelenggaraan Identitas Kependudukan Digital, maka Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melaksanakan kegiatan pelayanan Pendaftaran Identitas Kependudukan Digital (IKD). Dengan adanya IKD, masyarakat mendapat kemudahan dalam melakukan transaksi pelayanan publik dengan alat bantu telepon genggam. IKD memiliki beberapa fungsi yakni mempermudah verifikasi diri tanpa bukti fisik, otentifikasi dan otorisasi identitas pribadi.
MANFAAT DAN KEUNGGULAN IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL
-TERDAPAT FILE KTP ELEKTRONIK DAN KARTU KELUARGA SECARA DIGITAL SEHINGGA MEMPERMUDAH VERIFIKASI TANPA HARUS MEMBAWA FISIK KTP/KK.
-TERDAPAT MENU INFORMASI VAKSIN COVID 19, NPWP, INFORMASI KEPEMILIKAN KENDARAAN, INFORMASI BKN (BADAN KEPEGAWAIAN NASIONAL), DAFTAR PEMILIH TAHUN 2024.
-DALAM SEGI KEAMANAN APLIKASI IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL DILENGKAPI FITUR PENCEGAHAN TANGGAP LAYAR SEHINGGA MEMINIMALKAN PENYALAHGUNAAN INFORMASI, KODE QR YANG YANG DIBAGIKAN BERUBAH-UBAH SEHINGGA LEBIH AMAN.
CARA AKTIVASI IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL
-DOWNLOAD DAN INSTALL APLIKASI IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL DI GOOGLE PLAY STORE.
-DAFTAR, ISI DATA NIK, E MAIL AKTIF DAN NOMOR TELEPON AKTIF PADA SMARTPHONE, SELANJUTNYA KLIK ‘’VERIFIKASI DATA’’.
-KLIK ‘’AMBIL FOTO’’ DAN LAKUKAN FOTO SELFI UNTUK VERIFIKASI WAJAH (LAKUKAN FOTO SELFIE TANPA KACAMATA DAN MASKER).
-KLIK ‘’SCAN QR CODE’’ DAN LAKUKAN SCAN QR CODE KEPADA PETUGAS AKTIFASI (YANG ADA DI KANTOR DUKCAPIL DAN KECAMATAN).
-SETELAH PETUGAS AKTIVASI SCAN QR CODE, BUKA EMAIL MASUK YANG DIKIRIM OTOMATIS OLEH SIAK TERPUSAT IDENTITAS DIGITAL.
-SALIN DAN SIMPAN KODE 6 DIGIT YANG ADA PADA EMAIL. TEMPEL KODE AKTIVASI YANG SUDAH DISALIN, KETIK ULANG CAPTCHA, LALU KLIK ‘’AKTIFKAN’’.
-KLIK ‘’CEK STATUS’’ LALU KLIK ‘’MASUK’’ PADA TAMPILAN ‘’MASUKAN PIN’’ KETIK KODE AKTIVASI YANG ADA DI EMAIL.
-IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL BERHASIL DIAKTIVASI.(ADV)