Layanan Seperti Uber Tapi Tanpa Sopir di Inggris

Caption: Mobil tanpa sopir Fetch diparkir di luar kantor Imperium Drive di Milton Keynes, Inggris, 8 Juni 2022.( REUTERS/Andrew Boyers)

Fixsnews.co.id- Pernah membayangkan memanfaatkan layanan kendaraan Uber, Lyft atau Grab tanpa sopir? Artinya Anda hanya perlu memanggil mobil, mengendarainya dan kemudian meninggalkannya begitu saja. Di Inggris, layanan seperti itu sudah jadi kenyataan.

Adalah Imperium Drive, sebuah perusahaan Inggris, yang menawarkan layanan itu sejak 1 Juni. Wilayah layanannya saat ini baru Milton Keynes, tapi akan diperluas secara bertahap. Mereka menyebut layanan itu Fetch, sesuai nama aplikasinya.

Baca Juga:Ikuti Diskusi Literasi Digital Kemenkominfo, Bahas Tips dan Trik Cek Berita Palsu

Pj Gubernur Al Muktabar Berikan Bonus Atlet Peraih Medali pada Sea Games 2023

Layanan seperti ini dimungkinkan karena Imperium mempekerjakan supir-supir jarak jauh. Sopir-sopir itu pada prinsipnya mengendarai mobil-mobil itu dari kantor pusat, untuk mengantarkannya ke pelanggan atau mengambilnya dari lokasi di mana kendaraan itu ditinggalkan.

Seorang operator mengendalikan mobil tanpa pengemudi Fetch dari kantor Imperium Drive di Milton Keynes, Inggris, 8 Juni 2022. (REUTERS/Andrew Boyers)

Koosha Kaveh, salah satu pendiri dan CEO Imperium Drive, mengungkapkan, layanan Fetch senyaman Uber namun minus sopir.

“Perjalanan ini akan senyaman Uber, namun Anda yang harus mengemudi ke tempat tujuan. Jadi dalam hal waktu yang dibutuhkan mobil untuk tiba akan sangat nyaman. Karena Anda yang menjadi pengemudi, Anda juga menghemat biaya perjalanan. Ketika Anda sampai di tujuan, Anda cukup menepi, lalu melalui aplikasi Anda hanya perlu meminta pengemudi jarak jauh untuk mengambil alih kendali kendaraan itu. Anda bisa pergi ke tujuan Anda tanpa harus khawatir tentang parkir,” jelasnya.

Yang kemudian jadi pertanyaan, amankah kendaraan yang bergerak tanpa sopir itu? Kaveh menjaminnya.

“Operator jarak jauh memiliki pandangan yang lebih terperinci tentang apa yang ada di sekitar. Saat Anda berada di balik kemudi, Anda biasanya memiliki blind spot atau area pandang yang tidak terlihat pengemudi, sopir jarak jauh tidak menghadapi masalah itu. Sopir-sopir itu mengetahui sepenuhnya keadaan sekitar. Streaming langsung data melalui jaringan komunikasi nirkabel 4G dan 5G memungkinkan mereka mengetahui segala sesuatu di sekitar kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh,” imbuhnya.

Kendaraan yang dioperasikan pengemudi jarak jauh bahkan bisa mengubah-ubah kecepatan sesuai keadaan sekitar.

“5G memiliki kemampuan bandwidth yang jauh lebih besar dan mampu mengirim data lebih cepat yang pada dasarnya memungkinkan sopir jarak jauh mengemudi dengan kecepatan lebih tinggi dengan aman,” lanjutnya.

Fetch saat ini memanfaatkan mobil sedan Kia Niro yang memiliki lima tempat duduk — mobil hibrida biasa yang sudah tersedia banyak di pasaran. Mobil-mobil itu dilengkapi dengan komputer, kamera, dan sejumlah perangkat lunak yang diperlukan untuk membuat layanan itu berfungsi.

Imperium Drive sudah memikirkan fase pengembangan kedua, di mana penumpang dapat menolak untuk mengambil alih kemudi dan meminta untuk dikemudikan dari jarak jauh.(VOA/03)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan