Luncurkan Penghargaan Asia Education Medal, T4 Education dan HP Serukan Changemakers Indonesia Untuk Melangkah Maju

Fixsnews.co.id- T4 Education dan HP meluncurkan Asia Education Medal untuk pertama kalinya dan menyerukan kepada para pembuat perubahan(changemakers) di Indonesia untuk mengambil langkah maju. Penghargaan ini akan diberikan kepada individu berprestasi yang telah menunjukkan dampak, kepemimpinan, dan advokasi di bidang pendidikan.

Mulai dari negara dengan tingkat literasi paling rendah sampai negara dengan sistem pendidikan tertinggi di dunia, negara-negara di Asia memiliki tantangan besar yang harus diatasi. Namun di satu sisi, negara-negara Asia juga merupakan contoh dari capaian yang cemerlang jika permasalahan yang ada mampu diatasi dengan benar.

Asia Education Medal merupakan penghargaan atas kerja keras dari orang-orang yang tak kenal lelah dalam melakukan transformasi pendidikan, sekaligus perayaan dari kisah orang-orang yang telah menyalakan semangat perubahan di dunia pendidikan sehingga orang lain terinspirasi untuk melakukan hal yang sama.

Pemenang Penghargaan Asia Education Medal akan diberikan platform global untuk mendukung pekerjaan mereka, sekaligus pengukuhan atas kebutuhan mendesak untuk menyelesaikan krisis perekrutan dan retensi guru untuk mengatasi kesenjangan pembelajaran. Mereka berhak menominasikan sekolah pilihan mereka untuk menerima keanggotaan Program Best School To Work yang baru dari T4 Education, yaitu sebuah mekanisme independen berbasis bukti untuk mensertifikasi sekolah atas budaya mereka dan membantu mereka mengubah lingkungan kerja untuk menarik dan mempertahankan guru-guru terbaik).

Asia Education Medal adalah salah satu dari tiga Penghargaan World Education Medals yang didirikan oleh T4 Education dan HP. Penghargaan ini tergabung dengan Africa Education Medal yang didirikan pada tahun 2022 dan telah berkembang menjadi penghargaan pendidikan paling bergengsi di Afrika, serta Latin America Education Medal yang baru diluncurkan tahun ini.

“Meskipun ada kemajuan dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/SDGs, kesenjangan pembelajaran yang signifikan masih terjadi di Asia dan COVID telah memperburuk penurunan tingkat literasi. Namun ada harapan jika para pemimpin dari seluruh benua bersatu, dan semua orang berbagi keahlian mereka untuk membantu setiap anak untuk menerima pendidikan berkualitas’” ujar Senior Business Leader of HP, Mayank Dhingra.

HP memiliki tujuan yang jelas dan kuat untuk mempercepat kesetaraan digital bagi 150 juta orang di seluruh dunia pada tahun 2030. Hanya dengan kerja sama antara LSM, pemerintah, pendidik, dan dunia usaha, maka kualitas pendidikan dapat ditingkatkan. Itulah alasan diluncurkannya Asia Education Medal yang baru. “saya mendesak para pembuat perubahan di Indonesia dan di seluruh Asia untuk mengambil langkah maju,” tambah Mayank.

Di saat yang sama Pendiri dan CEO T4 Education, Vikas Pota mengatakan bahwa pendidikan yang baik adalah hak dan kunci untuk membuka potensi yang dimiliki generasi penerus Asia. Asia Education Medal memberikan penghargaan kepada semua pihak yang berupaya mewujudkan hal tersebut.

“Salah satu hal terpenting yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia dan seluruh dunia adalah menyelesaikan krisis rekrutmen dan retensi guru. Itulah sebabnya pemenang Penghargaan Asia Education Medal 2024 tidak hanya diberikan platform untuk mengadvokasi pekerjaan mereka, namun juga hak untuk menominasikan sekolah untuk bergabung dalam Program Best School to Work, yang memungkinkan sekolah membangun sebuah budaya di mana pendidikan berkembang karena guru-guru yang terus maju,” jelas Vikas.

Penghargaan Asia Education Medal terbuka bagi individu yang berupaya meningkatkan pendidikan anak usia dini, SD sampai SMA, kejuruan, dan universitas dengan kategori berikut:

• Guru dan Kepala Sekolah

• Pemimpin Komunitas

• Pegawai Negeri dan Pejabat Pemerintah

• Pemimpin Politik

• Pengusaha, Pemimpin Perusahaan dan Ahli Teknologi

Calon peserta harus menunjukkan kontribusi mereka dalam salah satu bidang pendidikan sebagai berikut:

● Meningkatkan hasil pembelajaran secara signifikan

● Mempromosikan pendidikan anak-anak perempuan

● Mempromosikan kesetaraan dan memperluas akses pendidikan

● Memajukan inovasi pedagogi atau teknologi

● Membangun dan memperkuat kapasitas pendidik

● Mengatalisasi partisipasi masyarakat dalam pendidikan

● Memperjuangkan hak-hak pemangku kepentingan pendidikan

Sepuluh (10) finalis teratas Penghargaan Asia Education Medal akan diumumkan pada bulan Agustus dan pemenangnya akan diumumkan pada bulan September. Nominasi akan dinilai oleh Juri yang terdiri dari individu-individu terkemuka dan ditunjuk berdasarkan kriteria yang ketat.

Pendaftaran/nominasi dapat dilakukan secara online di asiaeducationmedal.org.Nominasi ditutup pada 30 April 2024.(Ben)