Penulis : Agus Rohendi, S. Pd ,Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 13 Bandung
Fixsnews.co.id- Menulis adalah salah satu keterampilan produktif dalam belajar bahasa Inggris. Ada berbagai macam pendekatan untuk meningkatkan keterampilan menulis. Salah satunya adalah dengan pendekatan Genre Based Approach (pendekatan berbasis genre).
Penerapan model pembelajaran Metode Genre Based Approach berbantuan media video dan gambar mampu meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur bagi siswa SMP. Dengan metode tersebut, siswa belajar tentang genre-genre yang umum ditemui dalam kehidupan sehari-hari dan konteks-konteks tertentu sehingga mampu mengatasi mengalami kesulitan dalam menulis kalimat sesuai dengan struktur yang benar dan kemampuan siswa dalam kemampuan menulis teks prosedur.
Metode Genre Based Approach adalah pendekatan pembelajaran yang fokus pada pengajaran dan pembelajaran bahasa berdasarkan genre (jenis teks). Pendekatan ini bertujuan untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan berkomunikasi yang efektif dalam berbagai konteks dan situasi berbahasa. Metode Genre Based Approach melibatkan beberapa tahap pembelajaran, termasuk pembacaan dan analisis teks, identifikasi ciri-ciri genre, pemahaman tentang struktur teks, dan produksi teks dalam genre tersebut.
Metode Genre Based Approach memiliki empat stages utama yang bisa diterapkan dalam langkah-langkah pembelajaran yaitu Building Knowledge of Fields, Modelling of Text, Jont Construction, dan Independent Construction of text. Melalui langkah-langkah dalam strategi tersebut peserta didik diharapkan memiliki lebih banyak waktu untuk membuat draft dan membuat revisi atas draft yang telah dibuat. Sebagai tambahan, karena Genre Based Approcah adalah penggabungan dari product dan proses approach. (Kim, J., & Kim, 2005) dalam jurnalnya menemukan bahwa penggabungan dua strategi tersebut bisa membantu meningkatkan keterampilan menulis siswa. Selain Kim, (Hasan, M. K., & Akhand, 2010) dalam jurnalnya juga menemukan Genre Based approach efektif dalam mengajarkan keterampilan menulis siswa.
Saat model pembelajaran Metode Genre Based Approach berbantuan media video dan gambar diterapkan pada siswa kelas 7 G SMP Negeri 13 Bandung, terbukti mampu meningkatkan kesempatan kepada siswa untuk belajar secara bermakna dalam membangun pengetahuan dan keterampilan siswa sesuai penelitian yang dilakukan karena Metode Genre Based Approach (pendekatan berbasis genre) adalah pendekatan pembelajaran yang fokus pada pengajaran dan pembelajaran bahasa berdasarkan genre (jenis teks). Pendekatan ini bertujuan untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan berkomunikasi yang efektif dalam berbagai konteks dan situasi berbahasa.
Pelaksanaan pembelajaran menggunakan Genre Based Approach dilakukan dengan langkah awal membuat rencana aksi. Menurut (Emilia, 2011) metode ini ada empat langkah dalam menerapkan model pembelajaran berbasis genre.
Saya melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan ke 2 yang bertempat di SMPN 13 Bandung. Adapun hal-hal baik yang mendukung keberhasilan pembelajaran.
Alhamdulillah dalam pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan ke 2 bisa berjalan dengan baik yaitu mampu menyelesaikan kegiatan dan mampu menyampaikan materi sesuai dengan tujuan pembelajaran. Itu semua berkat dukungan dari orang orang yang berada dalam ruangan, peserta didik yang aktif ketika pembelajaran berlangsung, Dosen, Guru Pamong dan rekan sejawat yang dengan sabar merekam kegiatan kami.
Guru merasa terbantu dengan menggunakan model pembelajaran Genre Based Aproach. Namun, masih ada tantangan-tantangan yang muncul saat pelaksanaan aksi, yaitu waktu yang diperlukan penilaian tugas presentasi diperlukan waktu yang cukup untuk mengevaluasi setiap presentasi dengan cermat. Ini bisa menjadi tantangan jika memiliki cukup banyak peserta didik dikelas dan pemahaman yang tidak merata tidak semua peserta didik mencapai tingkat pemahaman yang sama terhadap materi yang telah diajarkan.
Beberapa peserta didik mungkin memerlukan lebih banyak bantuan atau panduan untuk membuat teks dalam bentuk teks prosedur, dan ini dapat mempengaruhi hasil penilaian. Sebelum Genre Based Approach diimplementasikan, berdasarkan observasi kelas. Siswa kurang termotivasi nilai nya ada yang masih di bawah KKTP.
Setelah melakukan pembelajaran dengan Genre Based Approach, berdasarkan penilaian yang dilakukan hasilnya adalah 100 % di atas KKTP. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Penerapan Genre Based Aproach berbantuan media video dan gambar mampu meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur peserta didik dengan ditunjukan adanya perbedaan hasil observasi awal dan akhir saat penilaian siswa kelas 7G.