Pasi Intel Kodim 0506/Tgr Berikan Pembekalan Anti Cyberbullying di SMAN 4 Tangsel

Tangsel, Fixsnews.co.id- Di tengah persiapan menyambut tahun ajaran baru, SMA Negeri 4 Tangerang Selatan mengadakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) untuk siswa-siswi baru. Di kegiatan tersebut, Mayor Arh Jaminah A., Pasi Intel Kodim 0506/Tgr hadir untuk memberikan pembekalan dengan tema “Cyberbullying”, sebelum memulai mata pelajaran dan kurikulum.

Lebih dari 276 siswa baru turut serta dalam kegiatan yang dilaksanakan di SMA Negeri 4 Tangsel, Jl. Pertamina Kel. Pondok Ranji Kec. Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan, Selasa (16/07/2024) dengan penanggung jawabnya Bapak Agus Kepala Sekolah tersebut.

Dikesempatan itu, Mayor Arh Jaminah A., Pasi Intel Kodim 0506/Tgr, menyoroti dampak serius dari Cyberbullying, termasuk depresi hingga risiko kematian. “Cyberbullying merupakan tindakan kejahatan dengan niat jahat, seperti pelecehan, kata-kata kasar, dan ancaman,” ungkapnya.

Dalam penjelasannya, ia memaparkan beberapa jenis Cyberbullying, termasuk Outing dan Trickery, Flaming, Impersonation, Harassment, Cyberstalking, dan Denigration. “Cyber Bullying merupakan bentuk kejahatan yang dilakukan secara sengaja dalam bentuk pelecehan, kata-kata kasar, cemooh, fitnah, ancaman dan hinaan.” katanya.” jelasnya.

Selain itu, ia juga mengingatkan agar siswa tidak memprovokasi atau merespons dengan negatif, serta pentingnya melindungi privasi digital, batasi teman, batasi komentar yang tidak penting.

“Jika merasa menjadi korban, tidak perlu merespon tetapi segera dokumentasikan buktinya dan simpan, cetak atau screenshot, selanjutnya laporkan ke pihak berwajib.” tambahnya. Ia juga menyarankan siswa lakukan pemblokiran terhadap pelaku Cyberbullying dan berdiskusi dengan orang tua jika mengalami masalah.

Menutup sesi pembekalannya, Mayor Arh Jaminah A. memberikan pesan kepada siswa untuk tidak menilai teman hanya dari satu sisi, guna menghindari kesalahpahaman dalam berteman.(sdp)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan