Pastikan Keamanan Hewan Kurban, Bupati Tangerang Kunjungi Langsung Lapak Penjualanya

Kabupaten Tangerang, Fixsnews.co.id ,- Penjabat (Pj) Bupati Tangerang Andi Ony mengunjungi beberapa lapak penjual hewan kurban untuk memastikan keamanan, kelayakan, dan kehalalan hewan kurban bagi masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati Andi Ony mengatakan, kunjungan ke lokasi penjual hewan kurban untuk melihat secara langsung dan memastikan hewan kurban yang dijual itu aman, sehat, dan halal.

“Tadi pagi saya sudah mengunjungi dua lapak penjual kambing dan sapi di wilayah Kecamatan Legok dan siang ini mau tahu penjual sapi di wilayah Cisereh Tigaraksa. Kita ingin memastikan hewan kurban yang ada itu aman, sehat dan halal,” jelas Pj Bupati Andi Ony, Selasa (11/6/2024).

Menurut dia, menghadapi Hari Raya Idul Adha 2024,
Pemkab Tangerang telah melakukan langkah-langkah matang untuk menjamin kepastian hewan kurban di Kabupaten Tangerang itu layak bagi masyarkat dan sudah memenuhi standar yang telah ditetapkan.

“Sejak bulan Januari sampai dengan Mei sudah diadakan vaksinasi untuk mencegah PMK, target sudah tercapai 16 ribuan yang tervaksinasi. Disamping vaksinasi hewan kurban, kita juga mengadakan pelatihan pemotongan hewan kurban bekerjasama dengan DKM yang ada,” jelasnya.

Menurut dia, terhitung mulai tanggal 11-21 Juni 2024, Pemkab Tangerang sudah melepas 100 tenaga pemeriksa hewan kurban yang bertugas memeriksa sekitar 664 lapak dan 950 tempat pemotongan hewan. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan hewan yang diterima masyarakat nanti adalah hewan yang higienis kesehatannya.

“Kita lihat tadi, seluruh hewan yang ada di penangkaran punya tanda bukti semacam KTP hewan dari daerah asal sudah sehat. Tetapi kami akan meyakinkan kembali dengan periksaan oleh 100 petugas kesehatan hewan yang kami sebar,” katanya. (by/01)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan