oleh

Pastikan Perayaan Imlek Aman Dan Kodusif, Kapolres Simalungun Gelar Patroli Sekala Besar

SIMALUNGUN,Fixsnews.co.id- Kapolres Simalungun AKBP Ronald Fredy C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., bersama Personel Polres Simalungun, Kodim 0207/Simalungun serta Sat Pol PP Pemerintah Kabupaten Simalungun melaksanakan kegiatan Patroli Berskala Besar dalam mengamankan Perayaan Malam Imlek 2023 di Wilayah Kabupaten Simalungun, Sabtu (21/1) malam.

Kapolres Simalungun AKBP Ronald Fredy C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan, “Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (KRYD) dalam Rangka Pengamanan giat Perayaan Tahun Baru Imlek 2574 / 2023¬† bagi Umat Budha dan antisipasi kerawanan kamtibmas di wilayah hukum Polres Simalungun berupa Patroli Skala Besar serta Pengamanan Tempat Ibadah Klenteng, “Kata Kapolres.

“Patroli bersama yang kita gelar ini dalam upaya memberikan rasa aman dan nyaman kepada Umat Buddha yang Merayakan Malam Imlek, sehingga dapat melaksanakan ibadah dapat dapat berdoa dengan aman, nyaman, khusu dan tidak ada hambatan dan gangguan.

Hasil pengamanatan kita, bahwa situasi Malam Imlek 2023 di Wilayah Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara berjalan cukup aman dan kondusif, kita juga sudah menempatkab beberapa personel kita, dengan gabungan bagik dari Polres Simalungun bersama personel Personel Kodim 0207/Simalungun yang akan menjaga dan mengamankan seluruh warga masyarakat yang menjalankan ibadah.

Harapan kita tentu kegiatan ibadah pada hari ini sampai dengan besok dan rangkaian ibadah beberapa hari kedepan dilaksanakan bisa berjalan dengan baik dan lancar, “ujar Kapolres Simalungun.

Lebih lanjut AKBP Ronal menjelaskan kebebasan beribadah bagi seluruh warga negara indonesia, “Bapak Presiden sudah menyampaikan bahwa kegiatan peribadatan itu menjadi hak untuk seluruh warga negara indonesia, untuk itu kehadiran kami disini adalah untuk memberikan jaminan bahwa seluruh warga masyarakat bebas untuk melaksanakan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaanya masing-masing,” tegas orang nomor satu di Polres Simalungun.

Kapolres Simalungun juga menghimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, “Meskipun PPKM telah dicabut namun diihimbau kepada masyarakat untuk tetap melaksanakan kegiatan dengan protokol kesehatan.

Mari bersama-sama kita mendukung program pemerintah, untuk menjaga situasi kodusifitas, menjaga kamtibmas, situasi yang telah terjaga ini tetap harus kita plihara, tentu memerlukan dukungan dan kerjasama dari seluruh lapisan, dan seluruh warga masyarakat, trimakasih, “tandas AKBP Ronald.

Kasi Humas Polres Simalungun AKP Nasib ketika dikonfirmasi, Minggu(22/1/2023) menjelaskan bahwa kegiatan patroli berskala besar Polres Simalungun tersebut dilaksanakan oleh AKBP Ronald Fredy C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., bersama Kabag Ops Polres Simalungun KOMPOL Kristo Tamba, S.H., S.I.K., M.I.K., Kasat Reskrim Polres Simalungun AKP. Rachmat Aribowo, S.I.K., M.H., Kasat Lantas Polres Simalungun AKP M. Haris., Sihite, S.E.

Serta Kasat Narkoba Polres Simalungun AKP Adi Haryono, SH., Kasubbagkum Polres Simalungun AKP Binsar., Kasat Intelkam Polres Simalungun IPTU Teguh Raya Putra Sianturi., KBO Sat Lantas Polres Simalungun IPDA Arwansyah Batubara., dengan kuat personel 50 Personel Polres Simalungun., dan Instansi terkait Personel Kodim 0207/Simalungun sebanyak 10 (sepuluh) personel, Sat Pol PP 10 (sepuluh) personel, Dishub  5 (lima) personel, Dinkes 3 (tiga) personel serta Damkar 5 (lima) personel.

Menurutnya, diturunkannya sejumlah personel itu untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada Umat Buddha di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, yang merayakan Imlek 2023.

“Tentunya kehadiran personel Polri dan TNI serta Dinas terkait dapat menciptakan situasi kamtibmas tetap kondusif,” tutur juru bicara Polres Simalungun tersebut.

Nasib menyebutkan, personel nantinya akan disebar ke setiap vihara yang ada di wilayah polsek jajaran Polres Simalungun karena menjadi prioritas pengamanan saat Perayaan Imlek, “Untuk itu kepada seluruh masyarakat khususnya yang merayakan Imlek untuk bersama-sama menjaga kamtibmas di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara agar tetap kondusif,” pungkasnya.(Hendri)