Paus Fransiskus: Demokrasi di Seluruh dunia ‘Sedang Sakit’

Caption:Paus Fransiskus memimpin doa Angelus dari jendelanya, di Vatikan, 16 Juni 2024. (Foto: via Reuters)

Fixsnews.co.id- Paus Fransiskus mengunjungi Trieste, kota di Italia utara pada Minggu (7/7) untuk memperingati Pekan Sosial ke-50 Katolik Italia, yang tahun ini mengangkat tema demokrasi dalam krisis.

Persinggahan pertama dalam perjalanannya adalah Generali Convention Center. Di sana, Paus berbicara tentang keadaan demokrasi dan fungsinya. “Jujur saja. Demokrasi di dunia saat ini sedang sakit,” kata Paus Fransiskus. “Saya prihatin atas jumlah pemilih yang sedikit,” lanjutnya, seraya menekankan pentingnya menciptakan kondisi yang memungkinkan setiap orang bebas menyampaikan pendapat dan berpartisipasi dalam proses demokrasi. “Ketidakpedulian adalah kanker demokrasi, tidak berpartisipasi,” imbuhnya.

Dengan mobil paus, Fransiskus kemudian menuju alun-alun Unità d’Italia untuk Misa, yang ditutup dengan doa Angelus, dan doa khusus untuk Trieste atas perannya dalam menyambut para migran. “Trieste adalah salah satu kota yang membuka diri untuk menyatukan orang-orang yang berbeda,” katanya.(VOA/03)