Paus Ingatkan Bahaya Teknologi yang Semakin Mendominasi Kehidupan

Paus Fransiskus tiba untuk bertemu dengan kaum muda di Arena Olahraga Laszlo Papp di Budapest, Hongaria.

HONGARIA, Fixsnews.co.id—Paus Fransiskus memperingatkan bahaya teknologi yang semakin mendominasi kehidupan manusia. Hal ini disampaikannya saat berpidato di Universitas Katholik Pazmany Peter, di Hongaria, hari Minggu (30/4).

 

“Pikirkan krisis ekologi di mana alam hanya bereaksi terhadap penggunaan instrumen yang kita ciptakan. Pikirkan tentang kurangnya pembatasan, logika bahwa selama kamu bisa melakukannya maka hal itu diperbolehkan,” ujarnya kepada para hadirin dalam acara terakhirnya di negara itu.

 

Paus mengatakan budaya dan pengetahuan yang ditempa di universitas-universitas adalah “antidote” atau “penangkal” teknologi yang mendikte masa depan kita.

 

Paus juga menyamakan komunisme dan konsumerisme sebagai “gagasan kebebasan yang salah,” dan memperingatkan bahwa Hongaria masih berisiko memiliki ideologi yang membatasi kebebasan.

Pejabat-pejabat Hongaria mengatakan lawatan Paus, yang kedua ke Budapest dalam beberapa tahun ini, sebenarnya dirancang terutama untuk memungkinkannya melayani komunitas Katholik di negara itu. Namun seiring terjadinya perang di Ukraina dan keberadaan Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban yang populis dan berselisih paham dengan negara-negara Uni Eropa terkait masalah aturan hukum dan hak LGBTQ+, maka kata-kata dan tindakan Paus Fransiskus di jantung Eropa itu membawa pesan yang kuat.(VOA/03)