Pemberdayaan Potensi Ekonomi Desa, DPMPD Kabupaten Tangerang Gelar Workshop Penguatan BUMDes

TANGERANG, Fixsnews.co.id – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Tangerang menggelar workshop penguatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk memberdayakan potensi ekonomi masyarakat desa. Acara ini bertempat di Hotel Lemo, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Selasa (22/3/2022).

“Workshop ini menjadi salah satu upaya sekaligus instrumen bagi pemerintah desa dalam mendorong optimalisasi potensi dan memberdayakan ekonomi masyarakat di tingkat desa,” kata Kepala DPMPD Kabupaten Tangerang, Dadan Gandana.

Sampai tahun 2022 sudah ada 83 Bumdes yang tersebar di beberapa desa di wilayah Kabupaten Tangerang. “Kami juga akan dorong pembentukan BUMDes Bersama (BUMDesMa), sehingga tidak hanya kuat dari aspek permodalan, namun juga tangguh dari sisi pengelolaan,” jelas Dadan.

Sementara itu, Kepala Seksi Pemberdayaan Usaha Ekonomi dan Teknologi Tepat Guna pada Bidang Pemberdayaan Masyarakat DPMPD, Abdul Rahman menjelaskan pelaksanaan workshop ini dilaksanakan selama tiga hari mulai dari tanggal 21-23 Maret 2022.

“Jumlah peserta yang mengikuti workshop ini ada 85 BUMDes yang terbagi dalam dua sesi setiap harinya. Dalam kegiatan workshop ini peserta tidak dikenakan biaya apapun,” tuturnya.

Dalam kegiatan ini, DPMPD Kabupaten Tangerang juga turut mengundang narasumber dari Dirjen Pengembangan Ekonomi dan Investasi Kementerian Desa PDT Transmigrasi RI, Harlina Sulistriyono, dari Xcellence Internasional, Hendrik Ronald, dari i-Plus Academy, Marshyelino Cambey, dan dari Enterpreneurship Laboratory Indonesia Agung Waluyo.

Di tempat yang sama, perwakilan dari BUMDes Pagedangan Jaya Sejahtera, Dedi Sulaiman menambahkan, dengan adanya workshop yang diselenggarakan oleh DPMPD Kabupaten Tangerang ini sangat membantu, karena dapat memberikan pengetahuan baru bagi BUMDes.

“Saya dari BUMDes Pagedangan Jaya Sejahtera mewakili BUMDes wilayah Kabupaten Tangerang mengucapkan terima kasih banyak kepada Pak Bupati, Ahmed Zaki Iskandar dan Kepala Dinas DPMPD Kabupaten Tangerang, Dadan Gandana atas terlaksananya acara ini dan mudah-mudahan acara ini jadi motivasi yang luar biasa bagi kami untuk memajukan bumdes di wilayah Kabupaten Tangerang,” ucapnya.(Len)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan