Pemkab Tangerang Targetkan Raih Juara Umum di Popda Tingkat Provinsi Banten 2022

TANGERANG, Fixsnews.co.id- Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Tangerang menargetkan atlet terbaiknya yang mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) tingkat Provinsi Banten 2022 meraih juara umum.

“Mudah-mudahan lebih baik dari POPDA tahun 2018 lalu, dengan bisa banyak meraih medali untuk juara umum,” kata Kepala Disporabudpar Kabupaten Tangerang, Ratih Rahmawati usai melepas atlet POPDA di Tangerang, Senin (30/5).

Ia mengatakan, kontingen Kabupaten Tangerang diharapkan dapat tampil maksimal saat berlaga pada POPDA Banten tahun ini, sehingga bisa mengulangi sejarah pada lima tahun sebelumnya dengan gelar juara umum.

“Makanya kita memotivasi ke anak-anak untuk tetap semangat dan maksimal selama bertanding nanti. Jika juara, kami akan memberikan bonus kepada para atlet,” katanya.

Selain menargetkan juara, pada event tersebut dinilai menjadi momentum titik lanjut pembibitan dan pembinaan bagi atlet pelajar di Kabupaten Tangerang. Sehingga nantinya dapat menorehkan prestasi lebih baik di tingkat nasional.

“Kita juga sekarang sudah menyiapkan langkah untuk ikut Porprov di bulan Oktober mendatang bersama KONI Kabupaten Tangerang,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, pada POPDA Banten tahun 2022 ini Kabupaten Tangerang menurunkan sebanyak 229 atlet yang akan mengikuti 17 cabang olahraga, di antaranya seperti atletik, basket, voli, voli pantai, bulu tangkis, gulat, judo, pencak silat, renang, sepak bola, taekwondo, tinju, karate, panahan, tenis meja, tenis lapangan serta cabang olahraga lainnya.

“Dari seluruh cabor itu, Alhamdulilah kita sudah berkoordinasi dan kini untuk melakukan langkah-langkah persiapan. Baik dari segi material maupun lainnya yang akan berlangsung di Kota Serang itu,” ungkap dia.

Sementara itu, Ketua Komite Olahraga Nasional (KONI) Kabupaten Tangerang, Komarudin menambahkan jika saat ini pihaknya telah mendukung kontingen pelajar dari Disporabudpar dengan memberikan bimbingan oleh pelatih-pelatih terbaik yang disiapkannya.

Ia juga mengatakan, satuan pendidik dalam konteks keolahragaan ini diharapkan mampu menggali bibit-bibit atlet pelajar yang berpotensi memberikan prestasi untuk Kabupaten Tangerang.

“Kami atau KONI hanya menyiapkan para pelatih dari cabang-cabang olahraga yang dipertandingkan di ajang olahraga pelajar daerah ini. Dan tentunya kami akan terus mendukung penuh dalam menciptakan prestasi untuk daerah kita,” kata dia.

Sebelumnya, Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) X Provinsi Banten 2022 dan Pekan Paralimpic Daerah (PEPARDA) ke-7, akan digelar di Kota Serang pada 6-11Juni 2022.

Pada pelaksanaan POPDA Banten ini akan dilaksanakan di tiga lokasi yaitu di Stadion Maulana Yusuf (MY) Kota Serang, Stadion Heroik di kawasan Taman Kopassus, dan di area Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B).(len)