Pemkot Tangerang Gelar Pembinaan Pelayanan Publik untuk Tingkatkan Kualitas Layanan

oleh

Tangerang,Fixsnews.co.id-Pemerintah Kota Tangerang melalui Bagian Organisasi Sekretariat Daerah mengadakan Pembinaan Pelayanan Publik yang diikuti oleh 189 petugas pelayan publik se-Kota Tangerang. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Akhlakul Karimah, Puspem Kota Tangerang pada Kamis, 24 April 2025.

Pembinaan ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kota Tangerang, Herman Suwarman, dan Asisten Daerah III Bidang Administrasi Umum, Wahyudi Iskandar. Herman menyatakan, “Pelayanan publik di Kota Tangerang terus mengalami peningkatan, namun kami tetap berkomitmen untuk melakukan pembinaan agar pelayanan yang diberikan dapat memenuhi kepuasan masyarakat. Melalui kegiatan ini, kami berharap tidak hanya menambah wawasan para pelaksana pelayanan publik, tetapi juga memberikan motivasi yang lebih besar.”

Herman juga mengimbau masyarakat untuk tidak ragu memberikan aduan atau saran melalui berbagai kanal aduan resmi Pemkot Tangerang, seperti LAKSA dan kanal setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). “Pemkot Tangerang terbuka untuk menerima masukan dari masyarakat,” tegasnya.

Kepala Bagian Organisasi, Syamsul Bahri, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan pembinaan kedua. Sebelumnya, pembinaan diikuti oleh pejabat struktural seperti Kasi Pelayanan Kecamatan dan Kelurahan, OPD, hingga Kepala Tata Usaha Puskesmas, dengan narasumber dari BCA dan Kementerian PANRB.

“Pada sesi kedua ini, seluruh petugas pelayanan yang merupakan garda terdepan unit pelayanan publik di Kota Tangerang turut berpartisipasi, dengan narasumber dari BCA dan Ombudsman. Kami ingin petugas pelayanan publik dapat mengadopsi dan mengimplementasikan standar pelayanan yang baik,” papar Syamsul.

Ia menekankan bahwa peningkatan standar pelayanan publik menjadi prioritas utama, dengan tujuan agar masyarakat dilayani dengan baik, ramah, dan penuh senyuman. Pemkot Tangerang juga secara rutin melakukan monitoring dan evaluasi, termasuk Indeks Kepuasan Masyarakat, serta review terhadap kanal aduan, Google Review, dan LAKSA.

“Masyarakat diimbau untuk aktif terlibat dalam Forum Komunikasi Publik dan memberikan aduan, laporan, atau saran terkait layanan yang mereka rasakan,” imbuhnya.

Dengan langkah ini, Pemkot Tangerang berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik demi kepuasan masyarakat.(Awr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *