oleh

Pemkot Tangsel Lestarikan Budaya Betawi Melalui Festival Lenong

TANGSEL(FN) – Melalui Festival Lenong Betawi, Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Optimistis ikut lestarikan budaya betawi. Sebagaimana diketahui, Lenong merupakan salah satu ciri khas budaya Betwi yang sudah turun temurun.

Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie menjelaskan jika belakangan pemkot terus melakukan berbagai upaya untuk memastikan bahwa Tangsel berperan aktif dalam pelestarian budaya betawi. Salah satunya melalui festival lenong yang diselenggarakan di lapangan Pondok Aren, Sabtu (16/11).

Festival ini juga diselenggarakan dalam rangka merayakan HUT Tangsel yang ke 11. Sebagaimana betawi menjadi salah satu budaya yang diterapkan oleh masyarakat Kota Tangsel.

“Betawi adalah salah satu identitas yang kami miliki,” kata Benyamin.

Dia menambahkan, dengan adanya festival ini, bisa memberikan edukasi terhadap generasi muda untuk lebih mengenal lagi budaya yang ada di Kota Tangsel. “Jangan sampai, anak-anak kita kehilangan identitasnya. Kehilangan budayanya. Makanua dari sekarang sudah kita harus perkenalkan,” kata dia.

Dia menambahkan, berbagai festival betawi ini merupakan realisasi dari keinginan pemerintah memiliki masyarakat yang mengenal seluk beluk daerahnya. Mengingat bahwa Tangsel merupakan daerah yang berada di sekitar Jakarta sehingga budayanya pun tidak jauh berbeda dengan Jakarta.

Kemudian dia juga berharap dengan adanya festival ini masyarakat akan lebih terbiasa dengan adanya festival kebudayaan di Tangsel. Salah satunya adalah budaya betawi.(hms/red)