Peringati Hari Santri 2019, Gubernur Banten: Taati Ulama dan Kyai, Ciptakan Kedamaian Negeri

SERANG (FN)- Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) berpesan untuk patuh kepada ulama dan kyai, Insya Allah tercipta kedamaian di negeri ini. Hal itu
saat memimpin Apel Peringatan Hari Santri 2019 Provinsi Banten di Halaman Masjid Raya Al Bantani, KP3B Curug Kota Serang, Selasa (22/10/2019).

Apel Peringatan Hari Santri yang kelima diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan pembacaan Pancasila, Pembukaan UUD 1945, serta Resolusi Jihad yang ditandatangani oleh KH Hasyim Asyari.

“Tadi resolusi jihad dibacakan oleh Ketua PWNU Provinsi Banten (KH Bunyamin, red). Mengusir bangsa yang akan menjajah kembali indonesia yg sudah diproklamasikan. Takbir berkumandang pada waktu itu, dikumandangkan Bung Tomo. Dipimpin para kyai, berhasil mengusir penjajah,” papar Gubernur.

“Semangat jihadnya dalam memerdekan bangsa ini. Bukan membunuh sesama atau melawana pemerintah ini. Para kyai sudah sepakat. Bahwa Negara kesatuan Republik Indonesia sudah final,” tegasnya.

Gubernur pun paparkan perhatian pemerintah terhadap peran pondok pesantren. Salah satu buktinya adalah dengan lahirnya Undang-undang Pesantren (UU No. 18 Tahun 2019 tentang Pesantren, red).

“Dan Pemprov Banten akan terus memperhatikan pesantren,” tegasnya.

Gubernur juga berpesan kepada para santri untuk tidak mengikuti paham dari luar yang sengaja untuk mengacau negeri ini, Indonesia. Karena Islam pada dasarnya rahmatan lil’alamin. Pancasila telah mengajarkan kita untuk saling menghargai dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Membela tanah air adalah bagian dari iman,” pesannya.
80

Pada kesempatan itu, Ryan Putra Pratama dari Ponpes Daar Istiqomah, Kota Serang dan Ipna Amelia dari Ponpes Hikmatul Iman Cikande Kabupaten Serang mendapatkan kado umroh dari Gubernur Banten Wahidin Halim. Kedunya berhasil menjawab tantangan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan bacakan Pancasila di depan peserta Apel Hari Santri 2019 Provinsi Banten.

Sebagai informasi, Peringatan Hari Santri 2019 di Provinsi Banten diawali dengan Sholat Subuh berjamaah dan isghotsah di Masjid Raya Al Bantani yang dipimpin oleh KH Abuya Muhtadi dari Cidahu Kabupaten Pandeglang.

Masih dalam rangkaian Apel Hari Santri 2019, Gubernur Banten Wahidin Halim juga menyerahkan Piala Juara Umum Pekan Olah Raga dan Seni antar Pondok Pesantran Provinsi Banten 2019 yang diraih oleh Kabupaten Lebak. Posisi kedua dan ketiga diraih oleh Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Serang.

Usai Apel Hari Santri 2019, acara dilanjutkan dengan jalan sehat para santri dan kyai di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) yang dilepas oleh Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy.

Turut hadir Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, Kapolda Banten Irjen Tomsi Tohir, Danrem 064 Maulana Yusuf Kolonel Inf. Windiyatno, Ketua DPRD Provinsi Banten Andra Soni, Sekda Pemprov Banten Al Muktabar, Kakanwil Kemenag Banten Bazari Syam, Ketua MUI Banten AM ROmli, Ketua FSPP Provinsi Banten, Ketua PWNU Provinsi Banten, para kepala OPD di Pemrpov Banten, para kyai, alim ulama, dan tamu undangan.(hms/red)