Pimpin Apel Pagi di Kecamatan Kosambi, Bupati Zaki Ingatkan Masyarakat untuk Imunisasikan Anak Balita

Bupati Tangerang A.Zaki Iskandar saat meberikan vaksin pada pencanangan BIAN Tingkat Kabupaten Tangerang, di Kecamatan Kosambi, Senin (1/8/2022). Ist
Kabupaten Tangerang, Fixsnews ,- Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengingatkan seluruh masyarakat yang memiliki anak-anak balita untuk melakukan imunisasi dasar lengkap di Posyandu ataupun Puskesmas setempat.

Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Tangerang dalam arahannya pada apel pagi yang dirangkaikan dengan peluncuran Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Tingkat Kabupaten Tangerang di Kecamatan Kosambi, Senin (1/8/2022).

Dikatakan oleh Bupati, kehadiran dirinya secara langsung selain untuk melihat secara langsung program-program pembangunan di Kecamatan Kosambi, juga dalam rangka meluncurkan Program BIAN atau Bulan Imunisasi Anak Nasional. 

“Alhamdulillah hari ini bertepatan dengan tanggal 1 Agustus 2022 apel pagi di Kecamatan Kosambi sekaligus melakukan launching program Bian atau bulan imunisasi anak nasional tingkat Kabupaten Tangerang Tahun 2022. Dimana imunisasi ini adalah hak bagi setiap anak kita agar bisa menjaga anak-anak dari paparan penyakit dan menjaga kesehatan tubuhnya masing-masing,” terang Bupati Zaki.

Bupati juga mengatakan Pemerintah Kabupaten Tangerang mendukung penuh bulan imunisasi tersebut. Bupati berharap target yang diberikan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Banten bisa diselesaikan segera mungkin dengan pelaksanaan serentak di seluruh kecamatan di Kabupaten Tangerang. Dimulai hari ini agar semua masyarakat terutama untuk mereka memiliki anak-anak balita bisa mendapatkan mendapatkan informasi lebih dini. 

“Hari ini saya melakukan kunjungan di Kecamatan Kosambi untuk melihat dan juga mendengarkan aspirasi serta masukan dari masyarakat terkait dengan program pembangunan di Tahun 2022 yang sudah tertunda dari tahun 2020 dan 2021. Mudah-mudahan di anggaran 2022 ini terutama program-program pembangunan infrastruktur bisa berjalan dengan baik dan lancar dan Insya Allah tahun 2023 nanti bisa diselesaikan semuanya,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dr Desiriana Dinardianti menjelaskan bahwa BIAN adalah suatu program upaya untuk menambah imunisasi bagi anak-anak dan juga melengkapi vaksin imunisasi anak yang tertinggal kemarin karena adanya pandemi covid 19.

“Imunisasi ini diperuntukkan bagi anak usia 9 bulan sampai dengan 59 bulan yang diharapkan dari imunisasi ini adalah untuk anak-anak usia dini atau balita bisa mendapatkan imunisasinya secara lengkap sehingga mengurangi resiko penyakit-penyakit yang sebetulnya bisa diobati atau dicegah dengan vaksinasi/imunisasi sejak dini,” jelas dr Desi.

Lanjut dia, Target imunisasi di Kabupaten Tangerang sebanyak 283.291 anak untuk MR, Kemudian untuk imunisasi yang melengkapi imunisasi dasar lengkap yaitu untuk OPV atau vaksinasi polio tetes sebanyak 12.880 dan untuk imunisasi polio yang suntik (IPV) ini ada 20.986 anak. Untuk DPT, HB, dan HIB ada 22.182. Pelaksanaannya dimulai tanggal 1 Agustus sampai dengan 14 September 2022. (by/01)