Kabupaten Tangerang, Fixsnews.co.id– Sudah lebih dari sepuluh tahun perjalanan, BPJS Kesehatan semakin menunjukkan perannya sebagai jembatan penting bagi masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan. Kini, melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), jutaan peserta dari berbagai daerah dapat merasakan kemudahan memperoleh layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga tindakan medis yang lebih kompleks, termasuk Sofia Assegaff (47) selaku peserta JKN yang sudah merasakan manfaatnya sejak 2014 silam.
“Sejak awal, saya selalu menggunakan BPJS Kesehatan dan tidak pernah berobat dengan biaya pribadi, karena seluruh kebutuhan medis saya sudah terpenuhi melalui Program JKN. Ketika di kantor saya mulai menganjurkan untuk beralih ke Kartu Indonesia Sehat (KIS) digital tanpa kartu fisik, saya menjadi orang pertama yang mencobanya, dan ternyata sangat memudahkan serta lebih praktis. Kehadiran layanan digital ini juga memberikan pengalaman baru bagi saya yang jauh lebih efisien, mulai dari proses pendaftaran hingga pelayanan di fasilitas kesehatan,’’ cerita Sofia (17/09).
Perjalanannya memanfaatkan Program JKN sudah Sofia rasakan ketika dahulu masih ada berbagai anggapan atau mitos yang berkembang di masyarakat terkait pelayanan yang diberikan tidak maksimal atau adanya perbedaan untuk peserta JKN dengan pasien umum. Namun sekarang, Sofia rasakan sendiri betapa banyaknya masyarakat yang mulai sadar terhadap pentingnya Program JKN yang kini sudah jauh melakukan peningkatan kualitas layanannya. Bahkan anak-anak Sofia pun kini sudah terbiasa memanfaatkan antrean online melalui aplikasi Mobile JKN, hal tersebut menajdi bukti bahwa Program JKN semakin memperlihatkan betapa besar pengaruh positif dalam kehidupan sehari-hari.
“Harapan kita semua tentu saja bisa selalu sehat, saya pun sebagai peserta JKN merasa senang karena jadi lebih tahu hak-hak yang dimiliki, bahkan teman-teman juga semakin sadar pentingnya memiliki perlindungan kesehatan. Dulu pada tahun 2018 saya sempat mengajukan klaim kacamata, dan kala itu pelayanannya sudah sangat baik sekali. Apalagi kini rumah sakit besar pun mulai menjalin kerjasama dengan BPJS Kesehatan, itu artinya program ini memang layak dan bermanfaat. Dan membayar iuran bagi saya memberikan ketenangan, peace of mind, karena tidak perlu khawatir jika dikemudian hari saya sakit,’’ tutur Sofia.
Hadirnya Program JKN saat ini menjadi bukti nyata dalam memberikan perlindungan kesehatan bagi seluruh masyarakat. Kehadiran Program JKN tidak hanya meringankan beban biaya saat berobat, tetapi juga menghadirkan rasa tenang karena setiap orang memiliki kepastian akses layanan medis. Sofia pun menyampaikan bahwa Program JKN menjadi salah satu wujud nyata hadirnya negara dalam menjamin kesejahteraan masyarakat melalui akses kesehatan yang merata dan terjangkau. Dan dengan mekanisme yang sederhana, fasilitas kesehatan dekat rumah pun bisa dapat dengan mudahnya dirinya jangkau, juga tentunya seluruh kebutuhan kesehatan sudah terjamin.
“Menurut saya, Program JKN saat ini sudah berjalan dengan sangat baik dan membawa banyak perubahan positif dalam akses layanan kesehatan masyarakat. Harapan saya, kedepannya program ini dapat terus ditingkatkan, baik dari sisi kualitas layanan maupun jangkauan fasilitas kesehatan, sehingga manfaatnya semakin luas dirasakan oleh seluruh peserta. Apalagi saat ini pelayanan secara non tatap muka seperti Care Center 165 yang sangat responsif. Dengan adanya kanal tersebut, setiap kebutuhan informasi, keluhan, maupun pertanyaan bisa langsung ditangani dengan cepat dan tepat, sehingga saya dan seluruh lapisan masyarakat merasa lebih tenang karena tahu bahwa BPJS Kesehatan selalu hadir memberikan solusi,’’ tutup Sofia. (***/01)