Reaksi Cepat Tanggap, DLHK Kabupaten Tangerang Gempur Sampah di Kosambi


Kabupaten Tangerang, Fixsnews ,- Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang bergerak cepat membersihkan tumpukan sampah liar. Hal tersebut bertujuan merealisasikan program Unggulan Bupati dan Wabup Tangerang yaitu Kita peduli permasalahan Sampah (Kipprah).

Kepala DLHK Kabupaten Tangerang, Achmad Taufik, mengatakan, pihaknya menerima n pengaduan dari masyarakat dan informasi dari kepala UPT 8 yang merupakan unit pelaksana teknis dalam penanganan sampah untuk wilayah Kecamatan Kronjo, Mauk, Sukadiri, Gunung kaler dan Mekar baru.

“Iya, kami (DLHK) mendapatkan pengaduan dari masyarakat dan informasi yang diberikan dari UPT 8, bahwa di Desa Kosambi ada gundukan sampah liar yang mengeluarkan bau menyengat,” ucap Taufik, Kamis (6/1/2022).

Taufik mengatakan, dalam pelaksanaan Gempuran sampah, pihaknya melaksanakan pembersihan selama 3 hari mulai dari tanggal 2-4 Januari dan pada hari ini DLHK melakukan monitoring untuk melihat kondisi terakhir penanganan sampah di lokasi tersebut.

Dia menyebutkan, pihaknya mengerahkan sebanyak 39 petugas terdiri dari 30 sopir, 4 operator alat berat dan 5 pengawas. Selain itu, ia juga menurunkan 15 unit truk sampah dan 2 unit ekskavator dalam penanganan sampah liar (Gempuran sampah).

Pihaknya juga berterima kasih kepada seluruh petugas hingga relawan yang terlibat dalam kegiatan ini. Dengan bergerak bersama-sama seperti ini, Taufik berharap kedepan Kabupaten Tangerang bisa semakin bersih dan sehat lingkungannya.

“Dalam kesempatan ini , kami titip pesan agar masyarakat bisa meningkatkan kesadarannya untuk tidak membuang sampah sembarangan. Buanglah sampah pada TPS yang tersedia sesuai dengan waktu pembuangan, pilih pilah olah sampah langsung dari sumbernya yaitu dari rumah tangga,” tambahnya. (by/01)