oleh

Sambut Hari Ibu, Kabupaten Tangerang Pilih 6 Perempuan Inspiratif

Kabupaten Tangerang, Fixsnesws ,- Menyambut peringatan Hari Ibu Tahun 2021, sebanyak 37 perempuan bersaing di ajang Pemilihan Perempuan Inspiratif Kabupaten Tangerang. Dari 37 peserta tersebut, akan dipilih 12 besar perempuan hebat yang membidangi pendidikan, ekonomi keluarga dan kesehatan lingkungan.

“Setelah dipilih 12 besar peserta selanjutnya dipilih menjadi 6 besar perempuan inspiratif dari masing-masing kategori. Dalam lomba ini kami juga melibatkan unsur PKK Kabupaten Tangerang, akademisi serta aktivis perempuan,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Tangerang, Asep Jatnika Sutrisno, dihubungi via telepon selularnya, Rabu (22/12/2021).

Dikatakan Pemilihan Perempuan Inspiratif ini dipelopori oleh DP3A Kabupaten Tangerang pada setiap peringatan Hari Ibu Nasional 22 Desember 2021. Menurut Kepala DP3A, pemilihan perempuan inspiratif bertujuan memberikan apresiasi kepada para perempuan di Kabupaten Tangerang yang memiliki inspirasi bagi masyarakat dan daerah.

Tujuan pemilihan perempuan inspiratif ini untuk melihat potensi perempuan yang ada di masyarakat, terutama kepada perempuan yang sudah memberikan kontribusi dan memberikan contoh kepada masyarakat di sekitar. Baik dari segi peningkatan lingkungan, kesehatan, dan juga perekonomian.

“Kegiatan Lomba Pemilihan Perempuan Inspiratif Tingkat Kabupaten digelar setiap tahun, dan ini merupakan yang keempat kalinya. Kita juga tahu, bahwa di luar sana banyak sekali perempuan tangguh yang dapat menginspirasi kita semua,” ujar Asep.

Dia mengatakan, dalam pemilihan ini terdapat lima tema yang diangkat. Yakni, peningkatan pemberdayaan perempuan dan kewirausahaan, peningkatan peran ibu dalam pendidikan anak, penurunan angka kekerasan terhadap perempuan dan anak, penurunan angka pekerja anak dan pencegahan perkawinan anak.

Dengan adanya pemilihan perempuan inspiratif ini, Asep berharap perempuan yang terpilih nantinya dapat menggerakkan ekonomi kerakyatan. Seperti membentuk kelompok usaha, meningkatkan perekonomian dan lain sebagainya.

“Untuk yang terpilih sebagai juara dalam lomba Perempuan Inspiratif ini, kita akan jadikan tutor dalam program Pusat Pembelajaran Perempuan Cerdas, Apresiatif, Negosiatif, Tallent, Inovatif dan Kreatif (Percantik). Dengan harapan dapat memberikan inspirasi bagi perempuan yang ada di Kabupaten Tangerang,” ujar Asep.

Terpisah Yulia warga salah satu Perumahan di Kecamatan Sepatan yang sehari hari berprofesi sebagai guru menyambut kegiatan pemilihan perempuan inspiratip. “Kegiatan pemilihan perempuan inspiration bagus, tetapi hendaknya para perempuan terpilih tersebut agar mendatangi kelompok kelompok perempuan yang ada di Kabupaten Tangerang untuk memberikan pencerahan Dan motivasi, ” harap Yulia. (len/01)

News Feed